Lansia, ODGJ dan Disabilitas Di Kolaka Utara Perekaman KTP di Rumah Biar Dapat Bantuan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara Memberikan prioritas khusus kepada Lansia, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Disabilitas yabg selama ini tidak memiliki administrasi Kependudukan.

Dijelaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara Drs.Buhari Hamid bahwa saat ini program Jemput Bola (Jebol) yang di programkan pihaknya yakni program perekaman KTP,Pembuatan Akta Kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya dilakukan di desa.

“Untuk program Jebol, ini sudah menjadi program kami, tapi untuk Jebol Khusus untuk Lansia, ODGJ, Disabilitas tidak ada anggarannya cuma ini masalah prikemanusiaan, saat kita melakukan program Jebol mendapatkan laporan dari masyarakat adanya Lansia yang belum memiliki adminduk,”Ujarnya.

Diapun menambahkan meski kegiatan tersebut tidak dianggarkan namun pihaknya tetap melaksanakan kegiatan tersebut pasalnya 8 orang Lansia, 1 ODGJ dan 1 orang Disabilitas sebelumnya tidak memiliki adminduk dan tidak pernah mendapat bantuan sosial.

“Kita bantu perekaman KTP, karena selama ini mereka tidak mendapatkan bantuan baik itu raskin, BLT dan sebagainya, jadi perekaman kami lakukan dirumah, dan Langsung cetak jika jaringan bagus,”Tuturnya.

Lebih lanjut dia menghimbau pada masyarakat jika di daerah mereka ada lansia, ODGJ dan Disabilitas yang belum ber KTP mereka untuk melaporkan langsung ke kepala desa atau langsung ke Capil.

“jika ada masyarakat yang belum memiliki adminduk seperti usia lanjut bisa melaporkan ke ke desa atau ke kami langsung, selama jalannya bisa di lalui mobil, insyaallah kami datangi,”Tandasnya. (L)

Komentar