Layanan OSS Diluncurkan, PTSP: Mempermudah UMKM mengurus Perizinan


Sistem Layanan Online Single Submission berbasis risiko (OSS) diluncurkan langsung oleh presiden republik Indonesia pada Senin (9/8) secara virtual yang dihadiri langsung Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman, didampingi Asisten II sekretaris daerah kabupaten Kolaka Utara Drs.Azhar dan Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal (PTSP dan PM) Iskandar Adnin.

Dijelaskan Kepala PTSP dan PM Iskandar Adnin nahwa sebelumnya layanan OSS sudah lama namun kini diperbaharui dengan OSS Berbasis Risiko untuk meningkatkan transparansi, keterbukaan dan keterjaminan untuk mendapatkan izin berusaha terutama UMKM dengan persyaratan lebih simple dan mudah.

“OSS itu pelayanan perizinan online, hari ini Perizinan online bermetamorfosis menjadi sistem OSS juga tapi ini berbasis risiko, pendekatan perizinan tingkat risiko, semakin tinggi resiko semakin kemungkinan kalau biasana dua hari jadi tiga hari, semakin tinggi resikonya semakin cepat izinnya keluar,”Katanya.

Diapun menambahkan bahwa untuk UMKM dipermudah dalam perizinan tidak lagi ribet dengan persyaratan” Untuk UMKM perizinan dapat diakes dengan personal, mandiri secara oleh pelaku usaha,”Tuturnya.

Diapun berharap para UMKM yang belum memiliki izin dapat mengurus izin dengan sistem OSS berbasis risiko,”Persyaratan perizinan ini sangat mudah cukup KTP dan NPWP,”Tandasnya.

ketgam: Bupati Kolaka utara (tengah) Asisten II (Kiri) Kepala PTSP (Kanan) mengikuti peluncuran layanan OSS secara virtual.

Komentar