Masi Ada Rp 1 Milyar Dana Bansos Kolaka Utara Belum Dicairkan

Dana Bantuan Sosial (Bansos) dari APBD Kabupaten Kolaka Utara masih tersisa Rp 1 Milyar yang belum tersalurkan kepada masyarakat, Pasalnya sisa anggaran tersebut diperuntukkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Dijelaskan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kolaka Utara H.Saenal menjelaskan bahwa untuk bantuan sosial berupa sembako pada masyarakat sekitar Rp. 2 Milyar untuk tahun 2021 ini, namun Rp 1 Milyar sudah dibagikan kepada masyarakat pada bulan april lalu.

“Untuk dana bansos masih ada Rp 1 Milyar yang belum direalisasikan” Tuturnya.

Salah satu alasan belum direalisasikan karena hampir semua masyarakat di desa sudah mendapatkan bantuan dampak Covid-19, sementara dalam aturan tidak diperbolehkan untuk memberikan bantuan secara dobel pada masyarakat.

“Aturannya itu tidak boleh dobel untuk pemberian bantuan, contoh kalau sudah dapat BLT, tidak boleh dapat lagi sembako begitupun sebaliknya, kami sudah minta data ke desa tapi kata kepala desa semua warganya sudah dapat bantuan,”Jelasnya.

Sisa anggaran tersebut kata dia akan di koordinasikan kepada Pimpinan daerah,” kita akan tetap koordinasikan dengan pimpinan apakah akan tetap dibagikan atau bagaimana, kita tunggu petunjuk pimpinan”Tandasnya. (L)

Komentar