Meski DAK Belum Pasti, Capil Kolaka Utara Pastikan 6 Inovasinya Tetap Berjalan

Dana Alokasi Khusus yang dikucurkan pemerintah pusat tahun 2022 untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara Belum ada kepastian, meski demikian Dinas yang dipimpin Buhari tersebut memastikan ke 6 program Inovasinya akan tetap berjalan.

Seperti yang diungkapkannya saat ditemui Kamis (18/11/2021) menyatakan rasa syukurnya karena Bupati bersama DPRD Kolaka Utara karena tetap mensupport program inovasi Dukcapil.

“Program Dukcapil tetap dilanjutkan tahun 2022 kami sangat bersyukur, meski sangat kritis karena biasanya kami mendapatkan DAK, tahun ini belum ada kepastianya, seluruh Duk Capil se-Indonesia,”Katanya.

Diapun menambahkan bahwa meski belum jelas mendapatkan DAK, namun inovasi tersebut tetap berjalan melalau Dana Alokasi Umum (DAU), “Untuk Program Kami La Jebola (Layanan Jemput Bola) La Jebola Khusus (Layanan Jemput Bola Khusus) La Cedoka (Layanan Cetak Dokumun di Kantor Desa) La Kurir Kerumah (Layananan kurir kerumah) Layanan Offline Buka setiap hari Libur dan Tanggal merah, dan layanan Tatap muka setiap hari kantor.

Diapun menambahkan bahwa La Cedoka, Layanan Cetak Dokumen di Kantor desa yang tahun ini sudah 30 desa, tahun depan juga sudah 30 Desa, dan inovasi lainnya akan terus berjalan sehingga target 88 persen warga kolaka utara sudah memiliki identitas kependudukan.

“Target nasional 88 persen masyarakat sudah memiliki identitas, semoga segera bisa tercapai, dan 50 persen masyarakat tahun depan sudah bisa cetak adminduk di desanya, “Tuturnya. [L]

Komentar