24.7 C
Kendari
Senin, 15 April 2024

Migrasi Penduduk di Kabupaten Kolaka Utara Tahun 2023 Seimbang Antara Pindah dan Datang

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Migrasi penduduk di Kabupaten Kolaka Utara pada tahun 2023 menunjukkan pola yang menarik dengan tren seimbang antara warga yang pindah dan yang datang. Meskipun data pada semester pertama (Januari-Juni) mengindikasikan peningkatan jumlah pendatang, secara keseluruhan, terdapat selisih sebanyak 178 jiwa lebih banyak penduduk yang memilih untuk meninggalkan wilayah ini.

Drs. Buhari, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kolaka Utara, menjelaskan, “Pada semester pertama tahun 2023, tercatat 3.406 jiwa penduduk pindah ke luar Kabupaten Kolaka Utara, sementara 3.479 jiwa datang ke wilayah ini. Meskipun terdapat kelebihan 73 jiwa penduduk yang datang, namun ketika kita melihat akumulasi tahunan, terlihat selisih yang lebih besar, yaitu 178 jiwa lebih banyak yang memilih untuk meninggalkan kolaka utara.”Jelasnya.

Dalam data yang dirilis, kecenderungan migrasi penduduk dengan jumlah di atas seribu jiwa lebih tinggi terjadi di dua kecamatan utama, yaitu Lasusua dan Ngapa. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar perpindahan penduduk berkumpul di wilayah-wilayah ini.

Salah satu aspek menarik dari data ini adalah variasi alasan di balik migrasi penduduk. Menurut Buhari, “Alasan utama perpindahan ini mencakup faktor pendidikan, keluarga, dan pekerjaan. Beberapa penduduk memutuskan untuk berpindah karena faktor perumahan, sementara yang lain disebabkan oleh pertimbangan lainnya.”Katanya.

Ini memberikan gambaran lebih mendalam tentang dinamika sosial dan ekonomi yang mempengaruhi keputusan penduduk dalam memilih untuk pindah atau tinggal di Kabupaten Kolaka Utara.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img