26.8 C
Kendari
Kamis, 20 Juni 2024

Musrenbang RPJPD Kolaka Utara Bahas Rencana Pembangunan 20 Tahun Kedepan

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dalam rangka menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kolaka Utara tahun 2025-2045, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) digelar di Masjid Agung Bahru Rasyad Wal Ittihad pada Senin (9/6). Acara ini dihadiri oleh  Forkopimda, termasuk Ketua DPRD Kolaka Utara Buhari, S.Kel, MSI, Kapolres Kolaka Utara AKBP Arief Irawan, SIK, dan Ketua Pengadilan Agama Sudarmin,H.I.M, TANG, S.H.I.

Acara ini dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA. Dalam sambutannya, Sukanto menekankan pentingnya Musrenbang ini sebagai forum strategis untuk menentukan arah pembangunan Kolaka Utara selama 20 tahun ke depan.

“Musyawarah ini merupakan momentum yang sangat penting dan strategis bagi kita semua. Melalui forum ini, kita dapat menentukan arah pembangunan jangka panjang daerah kita selama 20 tahun ke depan. Saya mengajak seluruh pihak untuk memberikan perhatian penuh dan berpartisipasi aktif dalam musyawarah ini,” ujar Sukanto Toding.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Bappeda, dalam laporannya, menyebutkan bahwa Musrenbang kali ini dihadiri oleh 120 peserta yang terdiri dari berbagai OPD, perbankan, organisasi pemuda, LSM, dan perwakilan kecamatan. Mereka semua turut serta dalam menentukan prioritas pembangunan yang akan diusung oleh Kabupaten Kolaka Utara.

Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel, MSI, menyatakan bahwa RPJPD merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. Ia menegaskan bahwa perencanaan yang matang sangat diperlukan agar pembangunan berjalan efektif, efisien, dan tepat sasaran.

“Pembangunan nasional adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan bernegara,” ujar Buhari. Ia menambahkan bahwa partisipasi masyarakat sangat penting untuk menjembatani kepentingan strategis jangka menengah dan jangka panjang.

Musrenbang kali ini mengusung tema “Kolaka Utara sebagai Wilayah Agropolitan yang Mandiri, Maju, dan Berkelanjutan.” Fokus utama yang akan diperhatikan antara lain peningkatan daya saing infrastruktur daerah, peningkatan pendapatan per kapita, pengentasan kemiskinan dan ketimpangan, serta penurunan emisi GRK menuju net zero emission.

Dr. Sukanto Toding, dalam sambutannya, mengajak seluruh pihak untuk memberikan perhatian penuh dan berpartisipasi dalam musyawarah ini. “Pembangunan jangka panjang harus mampu menjawab tantangan dan peluang yang akan dihadapi oleh Kabupaten Kolaka Utara di masa depan. Oleh karena itu, kita perlu menyusun rencana pembangunan yang komprehensif, realistis, dan berkelanjutan yang dapat mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, ia menyoroti beberapa fokus utama dalam RPJPD, seperti memperkuat infrastruktur, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mengembangkan ekonomi lokal, melindungi sumber daya alam secara berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta transparansi pemerintahan.

“Dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah serentak, termasuk di Kolaka Utara. Kepala daerah terpilih nantinya akan menyusun RPJMD berdasarkan visi misinya yang merupakan turunan dari RPJPD yang dibahas saat ini,”Ujarnya.

Dengan sinergi yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan, Kabupaten Kolaka Utara diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi pembangunan yang maju, mandiri, dan sejahtera.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Resmikan Jalan yang Dibangun CSM

Rabu (19/7) Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menghadiri peresmian jalan rabat beton sepanjang 2,8...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img