26.5 C
Kendari
Minggu, 14 April 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Ingatkan ASN Akan Netralitas Dalam Pemilu

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP., MA, selaku Penjabat Bupati Kolaka Utara, memimpin apel pagi, Senin (11/12) dalam apel membahas terkait Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada Februari mendatang.

Penjabat Bupati menekankan bahwa para penyelenggara pemilu, termasuk ASN, harus memahami makna netralitas. Mereka tidak boleh menghalangi hak warga negara untuk menentukan pilihan politiknya. Untuk itu, telah dikeluarkan surat edaran terkait netralitas, melarang keterlibatan dalam aktivitas yang menunjukkan dukungan kepada calon tertentu.

“Netralitas bukan sekadar sikap, tapi landasan moral yang tak tergoyahkan. Memastikan setiap suara memiliki nilai yang sama, tanpa pengaruh ataupun upaya mengarahkan, adalah tanggung jawab kita semua dalam proses Pemilu.” Jelasnya.

Diapun menampilkan bahwa semua pihak diharapkan untuk menjaga netralitas saat melaksanakan Pemilu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang setara dalam menentukan pilihannya, tanpa campur tangan atau pengaruh dari pihak manapun.

“Netralitas dalam Pemilu adalah pondasi yang harus dijaga dengan ketat. Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk menentukan pilihannya tanpa campur tangan atau keberpihakan dari pihak manapun.” Ujar Penjabat Bupati.

Dalam Apel tersebut diapun membahas terkait Undang-Undang Nomor 5 tahun 2004 yang menggariskan tiga fungsi utama Aparatur Sipil Negara (ASN). Pertama, melaksanakan kebijakan publik; kedua, memberikan pelayanan publik; dan ketiga, berperan sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

“Sebagai ASN harus menjalankan ketiga fungsi ini dengan baik. Terutama, dalam merencanakan, menganggarkan, dan melaksanakan kegiatan, memastikan bahwa semua lapisan masyarakat mendapatkan pelayanan yang adil. Contohnya, dalam upaya mengatasi stunting dan kemiskinan, setiap instrumen kebijakan harus merata dan adil bagi semua,”Jelasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img