25.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Ngapa Expo 2023 Menjadi Panggung Inspirasi UMKM Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sabtu (9/12)  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, membuka kegiatan Ngala Expo 2023 meski cuaca tak bersahabat. Meskipun hujan deras mengguyur. Pembukaan ini menjadi momen bersejarah bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Kecamatan Ngapa.

Dalam sambutannya, orang nomer satu menyatakan bahwa dirinya memberikan penghargaan tinggi terhadap kegiatan ekspo yang bertema “Membangkitkan UMKM Lokal Kolaka Utara”. Dia menyatakan kegiatan tersebut sebagai wadah yang penting bagi para pelaku UMKM untuk menunjukkan semangat kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi.

“Kita semua belajar dari para pelaku UMKM di sini bahwa semangat dan motivasi kita tidak boleh padam, meski tantangan senantiasa menghampiri. Tantangan bukanlah penghalang, tapi justru menjadi peluang bagi kita untuk beradaptasi dan berkembang lebih jauh,” ucap Penjabat Bupati.

Ngapa Ekspo 2023 menjadi panggung bagi beragam produk dan inovasi yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM Kolaka Utara. Mulai dari produk kuliner lezat, busana dengan sentuhan lokal yang khas, hingga kerajinan tangan yang menggoda.

Peran UMKM dalam perekonomian tidak bisa diabaikan. Mereka menjadi tulang punggung dalam menciptakan lapangan kerja, menggerakkan perekonomian lokal, dan berperan signifikan dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Hal ini diungkapkan dengan tegas oleh Dr. Sukanto dalam acara tersebut.

“Saya melihat UMKM bukan sekadar entitas bisnis. Mereka adalah jiwa dari komunitas kita. Mereka bukan hanya menciptakan produk, tapi juga menciptakan kultur dan identitas lokal,” tambahnya.

Sekaligus, momen ini menjadi ajang apresiasi bagi semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan acara ini. Penjabat Bupati mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang turut serta dalam mensukseskan Ngapa Expo 2023. Dia berpesan kepada pelaku UMKM untuk terus tumbuh, berinovasi, dan mengikuti perubahan selera masyarakat.

“UMKM adalah motor penggerak ekonomi yang kuat. Mereka tidak hanya menawarkan produk, tapi juga membawa semangat, inovasi, dan harapan bagi masyarakat,” ujarnya sambil menekankan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi pedesaan.

Diharapkan, Ngapa Ekspo 2023 bukanlah sekadar acara tahunan, melainkan momentum yang terus diperjuangkan demi kesuksesan UMKM Kolaka Utara ke depannya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img