Gelar Operasi Pasar, Tim Gabungan Pemda dan Polres Kolaka Utara Sita Barang Kadaluarsa

operasi-pasar-kolaka-utara

Ratusan barang yang sudah tidak layak jual karena kadarlursa disita polisi karenah masih dipajang di etalase untuk diperjual-belikan oleh si pemilik kepada pembeli yang datang.

Penyitaan barang-barang kadarluarsa merupakan kegiatan yang digelar dalam rangka operasi pasar (OP) antara Pemda Kolaka Utara dan Polres Kolaka Utara menjelang natal dan tahun baru, pasalnya menjelang hari raya ummat kristiani dan perayaan tahun baru kebutuhan pokok meningkat sehingga dianggap rawan makanan kadarluarsa yang masih diperjual belikan.

Dikatakan Wakapolres Kolaka Utara  Kompol Robert Silas Boroh bahwa operasi pasar kali ini mengkhususkan untuk mencari pruduk yang sudah kadarluarsa namun masih dijual oleh pemilik toko ”kita melakukan kegiatan operasi ini hingga akhir Desember, makanan kadarluarsa yang ditemukan disita dan akan dimusnahkan”katanya saat melakukan operasi pasar Selasa (12/11).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sementara itu dikatakan Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Kolaka Utara Suardi bahwa dalam operasi hari pertama yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan dan beberapa intansi terkait bersama Polres Kolaka Utara mendatangi lima tokoh besar yang berada di Lasusua, dan alhasil dalam operasi itu ditemukan puluhan produk yang sudah kadarluarsa.

“Memasuki natal dan tahun baru ini biasanya kebutuhan sembako itu meningkat dan untuk melakukan perlindungan terhadap konsumen kita melakukan operasi bersama pihak terkait untuk operasi makanan kadarluarsa yang masih di pajang dan barang kadarluarsa itu disita oleh polsi,”jelasnya.

Selain itu kata dia saat ini pihaknya juga akan melakukan operasi di pasar-pasar tradisonal untuk mengecek langsung barang kadarluasa serta mengecek harga-harga kebutuhan pokok menjelang tahun baru.

“kalau sampai saat ini ketersedian bahan pokok itu mencukupi hingga akhir tahun nanti, dan kita akan melakukan pengecakan langsung harga-harga kebutuhan pokok apakah mengalami kenaikan atau tidak di pasar-pasar tradisional,”tandasnya.

Diapun berharap kepada masyarakat Kolaka Utara untuk lebih teliti saat melakukan pembelian dengan mengecak langsung tanggal kadarluarsa barang tersebut jangan sampai membeli makanan atau pruduk yang sudah tak layak komsumsi yang bisa berakibat fatal.

“Banyak masyarakat biasanya membeli tapi tidak memperhatikan tanggal ekspayernya barang tersebut, jadi masayrakat hatus jeli memeriksa barang yang dibelinya,”tandasnya

Komentar