Panen Perdana Kakao Hasil Revitalisasi di desa Pohu Kecamatan Ranteangin

Di tahun ke Empat Kepemimpinan Drs.H.Nurrahman Umar sebagai Bupati Kolaka Utara dengan program unggulan revitalisasi kakao sudah mulai pelan-pelan membuahkan hasil, salah satunya terbukti dengan panen Perdana yang dilakukan di Desa Pohu, Kecamatan Ranteangin, Kolaka Utara Kamis (8/7/2021).

Didesa pohu saat ini ada sekitar 101,5 hektar perkebunan Kakao yang saat ini sudah melakukan panen, meski demikian masih ada masyarakat yang enggan menanam kakao di kebunnya, Bupati Kolaka Utara Drs.H.Nurrahman umar dalam kegiatan Panen tersebut berharap Kepala desa lebih keras lagi untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk dan mengajak menanam kakao.

“Kita harapkan makin banyak masyarakat yang menanam kakao, karena dengan kakao ini bisa meningkatkan penghasilan masyarakat,karena tanpa petani kita bukan apa-apa”Katanya.

Lebih lanjut Bupati menyatakan bahwa saat ini harga yang masih rendah menjadi kendala bagi masyarakat, pasalnya panjangnya rantai penjualan hingga sampai ke negara konsumen yang membuat harga jual kakao di Kolaka Utara relatif murah.

“Bali, Jembrana ada perkebunan kakao yang perusahaan langsung ke prancis, perkebunan kakaonya hanya sekitar 600 hektar tapi mampu menjual langsung ke negara konsumen, kenapa tidak nantinya kedepan kita bisa menjual kedepan langsung ke belanda sebagai salah satu negara produksi cokelat dan harga kakao kita bisa naik,”katanya.

Bupati menypaikan bahwa tahun 2022 mendatang target produksi kakao mencapai 70.000 ton, sehinga beliau berharap dengan kakao bisa menciptakan pasar sehingga hasil kakao bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Jika sudah bisa dinikmati masyarakat hasil dari kakao, saya juga merasa sudah berhasil dan bangga, karena apa yang diupayakan dapat dinikmati masyarakat,”Tandasnya. (L)


Komentar