Panen Perdana Revitalisasi Kakao Kolaka Utara, 8 Hektar Lokasi Pabrik Kakao Disiapkan

Rabu, 15 juli 2020, Bupati Kolaka Utara Drs. Nur Rahman Umar, MH. didampingi Wakil Bupati H. Abbas, SE. Menghadiri Panen Perdana Revitalisasi Kakao di Desa Powalaa Kecamatan Pakue Tengah.

Pada acara tersebut Drs. Nur Rahman Umar, MH. mengungkapkan perasaan bahaginya atas keberhasilan petani dalam merevitalisasi kebun kakao mereka. ” ini merupakan program yang dicanangkan sejak 2018 dan dalam waktu kurang 2 tahun kakao yangg ditanam petani sudah memperlihatkan hasil dan hari ini kita akan mulai panen atau petik”,ucap Bupati.

Bupati berharap semua petani yang mengikuti program ini dapat berhasil seperti di Desa Powalaa. Dengan keberhasilan petani yang ada di Desa powalaa ini bisa menjadi motivasi bagi petani yang lain untuk merawat kebun kakaonya, lanjutnya.

Bupati menyampaikan saat ini Pemerintah daerah sudah menyiapkan lokasi pabrik kakao seluas 8 ha yang terletak di Kecamatan Lasusua dan pembangunannya akan dibantu oleh pusat/kementrian, peruntukan lokasi tersebut selain untuk pabrik juga untuk peneliatian dan pendidikan.

Adapun lokasi revitalisasi yang ada di Desa Powalaa seluas 42 ha dan 12 ha adalah dana desa. Sedangkan lokasi keseluruhan di Kecamatan Pakue Tengah sekitar 242 ha dengan jumlah kelompok tani sebanyak 12 kelompok. Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Kolaka Utara Buhari, S.Kel. beserta anggota, Forkopimda, Kepala OPD dan masyarakat tani yang ada di Desa Powalaa. Selain menghadiri panen perdana Drs. Nur Rahman Umar, MH juga mengunjungi lokasi budidaya rumput laut dan meresmikan Gedung Balai Kemasyarakatan Desa yang semuanya berada di Desa Powalaa. (AT)

Komentar