26.8 C
Kendari
Kamis, 28 Maret 2024

Panen Raya Jagung di Desa Mataiwoi Kecamatan Ngapa

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pemerintah daerah Kolaka Utara terus memaksimalkan upaya untuk menggenjot perekonomian masyarakat dan salah satu upaya serius adalah melalui sektor perkebunan dan pertanian. Selain Kakao yang menjadi komoditi andalan, jagung yang merupakan komoditi tanaman sela atau jangka pendek juga dimaksimalkan karena terbukti mampu memberikan nilai tambah untuk masyarakat.

Rabu (10/2/2021) Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar melakukan Panen raya jagung di Desa Mataiwoi, Kecamatan Ngapa. Pada kesempatan tersebut Bupati mengutarakan bahwa saat ini Kolaka Utara sejak tahun 2019 sampai 2022 mendatang ada 18 Desa dan 11 Kecamatan mendapatkan program Readsi dari Kementerian Pertanian dengan anggara kurang lebih 20 Milyar Rupiah.

“Kegitan ini adala panen Perdana Jagung dari program Readsi dan ini adalah program nasional yang sumber anggrannya adalah APBN, program ini menyasar Kakao, Jagung, pekarangan dan cengkeh,”Katanya.

Dijelaskan bahwa di desa Mataiwoi saat ini ada 50 hektar perkebunan kakao dengan target hasil panen perkehtarnya yakni 6,5 Ton perhektar dengan harga Rp.3.700 per kilogramnya.”untuk di Kolaka Utara program readsi untuk jagung 150 hektar, Kakao 1125 Hektar, Pekarangan 44 Hektar dan yang masuk dalam program readsi 2227 orang,”Katanya.

Bupati pun mengungkapkan bahwa harga pasar jagung saat ini cukup bagus sehingga dalam satu hektar masayarakat mampu menghasilkan Rp.96.000.000 Setiap tahunnya.”Dengan program readsi ini kita harapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Kolaka Utara,”Harapnya. (Lh)

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img