Pasca Banji Pemda Dirikan Dua Dapur Umum dan Posko Kesehatan di Lokasi Bencana

Banjir bandang yang melanda wilayah Kolaka Utara kini menyisahkan banyak lumpur dan sampah dan sehingga saat ini Pemda Kolaka Utara bersama masyarakat bahu-membahu melakukan pembersihan lokasi bencana termasuk upaya membangun dua dapur umum dan satu posko Kesehatan.

Seperti yang dijelaskan Kadis Sosial Kabupaten Kolaka Utara H.Saenal bahwa dapur umum yang didirikan Dinas Sosial merupakan dapur umum keliling yang akan berpindah lokasi setiap hari di lokasi bencana yang membutuhkan.

“Hari pertama kita di Desa Pitulua dan kita langsung menyalurkan bantuan, untuk hari kedua kita di Desa Tojabi karena dua desa ini adalah paling banyak korban bencana” Tuturnya.

Sementara itu Bada Penaggulangan Bencana Daerah Kolaka Utara juga mendirikan dapur umum untuk para relawan dan korban bencana sekitar 1000 hingga 2000 kotak makanan setiap harinya. Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara Irham, S.Km,M.Kes menyatakan bahwa penyediaan obat-obatan dan masker serta vitamin untuk lokasi banjir di Tiga Kecamatan sudah di salurkan ke puskesmas.

“kita membuat posko kesehatan di puskesmas masing-masing dan saat ini penyakit yang rawan saat bencana ini adalah diare dan gatal-gatal, saat ini obat-obatan dan masker serta vitamin sudah tersalurkan,”Tandasnya. (L)

Komentar