Pasien Covid-19 di Kolaka Utara Membludak, Tertinggi di Sultra dan RSUD Over Kapasitas

Saat ini pasien Covid-19 di Kolaka Utara terus membludak setiap harinya, bahkan tercatat sampai 13 Januari 2020 jumlah pasien positif sudah mencapai 205 orang dan 6 orang Meninggal Dunia.

Dikatakan juru bicara gugus tugas Covid-19 Kolaka Utara dr.Syarif Nur, S.Pog bahwa saat ini Kolaka Utara kembali memasuki zona merah dan penyebarannya sangat cepat, dengan resiko kematian yang tinggi.

“Kita menerima pasien sebanyak 42 orang sehari, Rabu lalu. Per 13 Januari, telah ada 205 terpapar dimana beberapa orang didalamnya merupakan tenaga kesehatan, sekarang kita sudah Zona merah kehitaman. Gejala berat dan resiko kematian tinggi,”Katanya.

Dia pun menyatakan bahwa langka yang akan dilakukan yakni acara kumpul-kumpul dan pesta tidak boleh dilaksanakan. “jika situasi semakin buruk salah satunya bisa saja kembali kami tekankan kumpul-kumpul hingga pesta tidak boleh dilaksanakan dulu,”tuturnya.

Akibat melonjaknya pasien positif Covid-19 di Kolaka Utara Puskemas Lasusua ditutup dan pelayanan posyandu di beberapa desa juga dihentikan sementara waktu “Rumah sakit sekarang sudah over kapasitas dan rumah sakit potoa yang disiapkan untuk pasien Covid-19 akan digunakan untuk menampung pasien covid”tuturnya.

Diapun berharap pada masyarakat untuk berani melakukan swab, jika ditemukan gejala ringan disarankan untuk isolasi mandiri, sementara jika gejala berat maka akan dirawat di rumah sakit.

“Bagi seluruh masyarakat Kolut jangan takut diswab, jika negatif dipulangkan, bila gejala ringan isolasi di rumah dan jika parah kami rawat ketimbang nanti parah baru memeriksa hingga sulit lagi kami tangani dan keluarganya yang lain juga dapat imbasnya karena tertular”Tandasnya. (L)

Komentar