24.2 C
Kendari
Jumat, 19 April 2024

Pejabat Bupati Kolaka Utara Hadiri Hari Otonomi Daerah di Makassar

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pj. Bupati Kolaka Utara Parinringi, S.E.,M.Si., hadir dalam acara peringatan Hari Otonomi Daerah yang dipusatkan di Kota Makassar pada Sabtu (29/04/2023). Acara tersebut dihadiri oleh para pemimpin daerah dari berbagai provinsi di Indonesia da  dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Dalam Sambutannya Mendagri menyampaikan terkait masih banyaknya daerah yang lemah pada sisi kemandirian fiskal daerah. Filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Kata dia Masih banyak daerah dengan PAD dibawah 20 persen APBD, masih menggantungkan keuangan dari pusat melalui Transfer Ke Daerah Dan Dana Desa (TKDD).

“Daerah dengan PAD rendah agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali potensi PAD Sehingga daerah mampu membiayai daerahnya sendiri tanpa harus bergantung kepada pemerintah pusat, “Harapnya.


Sementara itu Pj. Bupati Kolaka Utara Parinringi, S.E.,M.Si., menyampaikan pentingnya pemerintahan daerah dalam memajukan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, acara ini juga diisi dengan presentasi keberhasilan program-program otonomi daerah dari beberapa provinsi di Indonesia. Para pemimpin daerah berbagi pengalaman dan ide-ide untuk memperkuat sistem otonomi daerah guna mempercepat kemajuan pembangunan di daerah masing-masing.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, mempercepat pembangunan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, ” Harapnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Kolaka Utara Raih Dua Penghargaan  dalam Musrembang Provinsi Sulawesi Tenggara

Kamis (18/4) di Kota Kendari digelar pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat provinsi Sulawesi Tenggara. Acara  tersebut  untuk merumuskan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img