30.1 C
Kendari
Jumat, 1 Maret 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Buka Sosialisasi E-adabu dan Pendaftaran JKN KIS untuk Peningkatan Kesehatan Desa

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kabupaten Kolaka Utara, Dr.Ir Sukanto Toding,M,SP,MA, membuka acara sosialisasi kegiatan E-Adabu dan pendaftaran kepesertaan desa dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat di desa memiliki akses dan mendapatkan manfaat dari JKN-KIS, sebuah bentuk perlindungan sosial yang menggaransi pemenuhan kebutuhan dasar hidup yang layak di bidang kesehatan.

“Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan sebuah upaya untuk membangun sistem jaminan sosial yang wajib dan mencakup seluruh rakyat Indonesia. Konsep ini lahir berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat,”Ujar Penjabat Bupati Kolaka Utara.

Ditambahkannya, dalam Undang-Undang Desa khususnya di pasal 66, dijelaskan bahwa selain memperoleh penghasilan tetap, kepala desa dan perangkat desa memiliki hak untuk memperoleh jaminan kesehatan serta mendapatkan penerimaan lain yang sah dari APBD kepala desa. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk memastikan akses kesehatan yang adil dan merata bagi seluruh warga, termasuk aparatur desa.

“Pemerintah daerah, dengan tegas, telah menetapkan anggaran jaminan kesehatan bagi kepala dan perangkat desa, seperti yang diamanatkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah. Selain alokasi anggaran, pemerintah daerah juga memiliki peran penting dalam pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintahan desa. Salah satu tugasnya adalah memastikan semua kepala desa dan perangkat desa terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),”Katanya.

Upaya ini adalah bagian dari komitmen pemerintah daerah Kolaka Utara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan memberikan jaminan sosial kesehatan kepada setiap kepala desa dan perangkat desa.Pemberian jaminan kesehatan bagi aparat pelayanan kesehatan membantu memastikan bahwa mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih terjamin kepada masyarakat.

“Kami berharap agar seluruh kepala desa segera mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, menggunakan aplikasi E-Dabu KP Desa yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Aplikasi ini memberikan solusi digital untuk proses administrasi, memungkinkan operator desa untuk melakukan pendaftaran baru dan penonaktifan peserta dengan lebih efisien,”Katanya.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat di Kolaka Utara akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan lebih mudah melalui Jaminan Kesehatan Nasional.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Jelang Ramadhan, Penjabat Bupati Kolaka Utara Bersama Forkopimda Gelar Operasi Pasar

Rabu (28/2), Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, MSP, MA, bersama Forkopimda dan Kepala OPD, menggelar operasi pasar di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img