25.4 C
Kendari
Selasa, 23 April 2024

Pelatihan OSS RBA Digelar DPMPTSP Provinsi Sulawesi Tenggara di Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan pelatihan Online Single Submission (OSS) dengan pendekatan Rencana Bisnis Aplikasi (RBA) bagi para pelaku usaha di Kolaka Utara,. Kegiatan ini berlangsung di salah satu hotel di Lasusua pada hari Selasa, 30 Mei 2023, dan dihadiri oleh Kepala DPMPTSP Provinsi Sulawesi Tenggara, Parinringi, SE, Msi, yang juga menjabat sebagai Pejabat Bupati Kolaka Utara.

Pelatihan OSS RBA ini diikuti oleh 50 orang pelaku usaha yang terdiri pelaku usaha mikro dan makro ber dan tersebar di wilayah Bumi Patowanua. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku usaha dalam menggunakan sistem OSS dan memanfaatkan fitur-fitur RBA guna meningkatkan produktivitas dan kemudahan berusaha.

Dalam sambutannya, Kepala PTSP Provinsi Sulawesi Tenggara, Parinringi, SE, Msi, menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mendukung pengembangan bisnis di era digital saat ini. Ia menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan OSS, para pelaku usaha dapat mengajukan izin usaha secara online dengan proses yang lebih cepat dan efisien. Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya penggunaan RBA sebagai alat untuk menyusun rencana bisnis yang komprehensif dan terstruktur sehingga dapat memberikan panduan yang jelas dalam mengelola usaha.

“Dengan adanya OSS cukup membantu oleh para pelaku usaha, jadi tidak perlu ke kantor untuk pengurusan izin usaha, dengan adanya perubahan modal penerbitan perizinan berusaha dari cara manual ke dalam sistem secara elektronik menuntut aparatur sipil negara selaku administrator serta pelaku usaha sebagai pihak yang berkaitan dengan pelayanan perizinan berusaha untuk beradaptasi dengan sistem yang baru, “Katanya.

Para peserta pelatihan diberikan pemahaman mendalam tentang prosedur pengajuan izin usaha melalui sistem OSS, termasuk pengisian formulir, pengunggahan dokumen, dan monitoring status pengajuan. Mereka juga diajarkan cara menggunakan fitur RBA untuk menyusun rencana bisnis yang meliputi analisis pasar, strategi pemasaran, proyeksi keuangan, dan manajemen risiko.


” melalui kegiatan pelatihan OSS rbin dapat memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pelaku usaha sebagai pengguna layanan perizinan berusaha sehingga tujuan yang ingin dicapai yaitu kemudahan berusaha dapat dicapai, “Katanya.

DPMPTSP Sulawesi Tenggara berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelaku usaha. Pelatihan OSS RBA ini menjadi langkah nyata dalam meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi dalam berusaha di provinsi Sulawesi Tenggara.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img