29.5 C
Kendari
Jumat, 19 April 2024

Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kolaka Utara Mewujudkan Kesehatan Merata untuk Semua

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Selama Dua hari Sabtu dan Minggu (16-17/12) , Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara menggelar Pelayanan Kesehatan Bergerak tahap IV di Desa Tobela, Kecamatan Purehu. Acara ini bukan hanya sekadar program rutin, melainkan langkah nyata untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Kolaka Utara Irham,SKM,M.Kes, bahwa dengan kehadiran 9 dokter ahli, lebih dari 900 masyarakat telah mendapat layanan kesehatan selama kegiatan  berlangsung. Ini merupakan dorongan kuat dari Penjabat Bupati Kolaka Utara untuk memastikan layanan kesehatan yang merata.

“Pelayanan kesehatan bergerak adalah program dari Bupati pertama Kolaka Utara, yang tidak berubah. Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan kami. Rumah sakit atau layanan rumah sakit dipindahkan ke Kecamatan Purehu selama 2 hari, dengan 4 kali pelayanan yang dilakukan. Kami menurunkan 9 dokter ahli, menyasar sekitar 900 masyarakat awal yang telah menerima layanan,”Ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Utara, Buhari, menegaskan bahwa langkah pemerintah membawa dokter ahli dari Rumah Sakit Djafar Harun Kolaka Utara ke Kecamatan Purehu menunjukkan komitmen untuk menyediakan pelayanan yang lebih dekat bagi masyarakat, terutama yang tinggal di daerah terpencil.


Pelayanan Kesehatan Bergerak tidak hanya memberikan layanan medis, tapi juga pembekalan kepada kader, screening kesehatan, dan pemberian paket mandi. Tujuannya bukan hanya mengatasi masalah kesehatan yang ada, tapi juga mencegahnya dari awal.

Dikatakan Penjabat Bupati bahwa dalam rangka mewujudkan visi kesehatan yang merata, langkah seperti Pelayanan Kesehatan Bergerak menjadi salah satu strategi yang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara. Menyadari bahwa akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan harus bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama yang berada di daerah terpencil.

“Pelayanan Kesehatan Bergerak adalah salah satu upaya kita untuk aktif menjemput bola seluruh pelayanan kita di rumah sakit umum daerah Jafar Harun dimobilisasi di kecamatan Purehu.”  Ujar Penjabat Bupati Kolaka Utara Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,MA.

Pelayanan Kesehatan Bergerak bukan sekadar rutinitas, namun simbol dari tekad kuat kami untuk menghadirkan kesehatan yang merata bagi setiap individu, terlebih bagi mereka yang berada di daerah terpencil. Menggerakkan tim medis penuh waktu dari Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Jafar Harun ke wilayah terdepan ini adalah langkah konkrit kami dalam menyediakan akses layanan kesehatan yang sebelumnya mungkin sulit dijangkau.

“Kami memaknai kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini sebagai cara untuk tidak hanya menyembuhkan, tetapi lebih dari itu, mencegah berbagai masalah kesehatan yang dapat terjadi di antara masyarakat desa. Dalam setiap layanan yang kami berikan, terdapat tidak hanya upaya penyembuhan, namun juga pendekatan preventif yang kami perjuangkan,”Jelasnya.

Dalam menghadirkan layanan kesehatan yang berkeadilan, kami juga mendorong keterlibatan aktif dari berbagai pihak, seperti kader-kader lokal, untuk bersama-sama memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai pentingnya kesehatan yang terjangkau. Itu sebabnya, kami melibatkan proses pembekalan kader sebagai bagian tak terpisahkan dari program Pelayanan Kesehatan Bergerak.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Kolaka Utara Raih Dua Penghargaan  dalam Musrembang Provinsi Sulawesi Tenggara

Kamis (18/4) di Kota Kendari digelar pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat provinsi Sulawesi Tenggara. Acara  tersebut  untuk merumuskan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img