Pembangunan Bandara di Kolaka Utara Terkendala Pembebasan Lahan

Lasusua,KoP

Pembangunan Bandar Udara (Bandara) perintis di wilayah Bumi Patampanua sudah sejak 2013 lalu direncanakan namun hingga kini pembangunan bandara tersebut di kecamatan Katoi belum juga direalisasikan karena terkendala lahan warga yang akan menjadi lokasi belum juga di bebaskan.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kolaka Utara Djamil Mas’ud yang ditemui Senin (20/11) menyatakan bahwa kendala hingga kini hanyalah pembebasan lahan, jika pembebesan lahan sudah selesai maka akan dilakukan pembangunan bandara.

“sekarang masalahnya masih lokasi yaitu belum dilakukan pemebebasan lahan, mudah-mudahan tahun depan pembebasan lahan bandara sudah ada, nanti orang kementerian turun tapi lokasinya belum dibebaskan, kita harapnya secepatnya lah,”katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa lokasi untuk pembangunan bandara sekitar 92 Hektar dan pembangunan bandara ini 50 persen diatas lautan dan 50 persen di darat,”anggaran kita tahun ini sangat terbatas apalgi tahun depan kita akan menghadapi porprov, pembangunan bandara ini lokasinya kurang lebih 92 hektar dan panjang landasan pacunya sekitar 2 kilo meter,”katanya.

Sementara untuk tahun depan untuk pembebasan lokasi yang akan direalisasikan yaitu lokasi pelabuhan kontainer, terminal pasal Lacaria dan lokasi pusat pengujian kendaraan di Desa Rantelimbong,”tahun depan kita fokus untuk pembebasan lokasi di pelabuhan kontainer, pengujian dirante limbong dan terminl pasar lacaria,”katanya.

Komentar