31.1 C
Kendari
Jumat, 29 Maret 2024

Pembangunan Smelter di Kolaka Utara Segera di Mulai

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

PT. Kovalen Mining yang direncanakan akan membangun smelter pengolahan nikel di wilayah Kolaka Utara akan segera dimulai dan direncanakan kemungkinan besar dimulai pada November mendatang pembangunannya.

Seperti yang diungkapkan penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE., M.Si melalui Asisten I Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Sekda Kolaka Utara, Muklis Bachtiar, S.Pi., MP usai meninjau langsung lokasi pembangunan smelter di wilayah Kecamatan Tolala Kolaka Utara beberapa waktu lalu.

Bahkan Pj Bupati bertemu dan berdialog dengan pihak PT Kovalen Mining, mereka menyampaikan kemungkinan besar pembangunan smelter sudah dimulai November 2022.

“Kemungkinan besar bulan depan itu sudah pemancangan tiang pancang. Januari 2023 itu target paling lambat yang diberikan Bupati kepada pihak perusahaan dan jika mereka ingin mengerjakan lebih awal, itu lebih baik,” Katanya

Andai, lanjutnya, pemasangan tiang pancang belum bisa dilakukan dipenghujung tahun ini. Maka, Pj Bupati meminta itu dilakukan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Kolaka Utara pada Januari

“Pak Pj Bupati salah satu inisiator pembangunan smelter di Morosi ketika ia menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Konawe. Jika dibandingkan kondisi awal morosi, maka kondisi tempat pembuangan smelter di Kolaka Utara saat ini jauh lebih siap, ” tutur Asisten I Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kolaka Utara, Muklis Bachtiar, S.Pi., MP.

Berdasarkan Informasi lokasi untuk kawasan industri smelter yang telah dibebaskan telah mencapai 50 hektar dan itu telah memenuhi syarat luas pembangunan smelter. Selain kawasan industri smelter, Pj Bupati juga meninjau lokasi yang kemungkinan akan menjadi tempat pembuangan pelabuhan.

“Lokasi yang belum dibebaskan itu sisa sepanjang jalan menuju pelabuhan, sementara untuk kawasan industrinya sudah selesai. Olehnya itu, Pj Bupati sangat optimis pembangunan smelter dapat terealisasi secapatnya,” pungkasnya.

Mantan Camat Lambai ini berharap, program yang dicanangkan Pj Bupati mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat sehingga semua dapat berjalan dengan baik.

“Beliau meminta kepada semua masyarakat dan lembaga agar mendukung full pembangunan smelter tersebut, jangan mudah terpancing dengan informasi yang belum tentu kebenarannya,” Harapnya

Program pembangunan smelter tersebut mendapat respon positif dari berbagai kalangan salah satunya, Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel., M.Si.

Menurutnya, pembangunan smelter sangatlah bagus dan semua anggota legislatif memberikan respon positif serta siap mengawal.”Kita semua akan mendukung dan siap terlibat di dalam percepatan pembangunan program tersebut,” Ujarnya.

Hal yang senada di ungkapan Wakil Ketua DPRD Kolaka Utara, Agusdin bahwa hadirnya semelter di Kolaka Utara dapat berpengaruh terhadap progres pengembangan bandara yang dapat mempengaruhi iklim investasi di Kolaka Utara.

“Mudah-mudahan kita semua dirahmati Allah sehingga program ini dapat terealisasi dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Kolaka Utara,” Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Pesan Al-Qur’an Menjadi Panduan Bagi ASN Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, dengan tegas menegaskan peran penting Al-Qur'an sebagai panduan bagi...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img