25.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Pembinaan Lembaga Adat Tolaki Kolaka Utara Digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara mengadakan pembinaan Lembaga Adat Tolaki (LAT) dengan tujuan utama memperkuat identitas budaya lokal. Kegiatan ini diselenggarakan melalui program pembinaan lembaga adat di Bumi Patowanua yang dilaksanakan Sabtu (16/12), dilaksanakan di salah satu hotel di Lasusua, Kegiatan tersebut dihadiri oleh Penjabat Bupati Kolaka UtaraUtara, Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,MA.

Sadaruddin, ketua panitia, kegiatan menyampaikan menekankan pentingnya mempertahankan nilai-nilai adat dan budaya lokal dalam era modernisasi. Dalam rangka pelestarian dan pengembangan kebudayaan, “kegiatan ini diarahkan sesuai dengan undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan, memberi peran strategis kepada lembaga atau kelompok adat untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan tradisional,” katanya.

Sementara itu Penjabat Bupati Kolaka Utara Dr.Ir. Sukanto Toding,MSP.,MA,. Menyatakan bahwa program ini bertujuan memperkenalkan, melestarikan, serta mengembangkan kebudayaan  Kolaka Utara agar tetap relevan dan dikenal oleh masyarakat. Dalam upaya mendukung nilai Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kegiatan rapat kerja daerah,lembaga ada Tolaki Kabupaten Kolaka Utara tahun 2023. Peran lembaga adat termasuk dalam Musda seperti ini adalah untuk mempertahankan dan melestarikan nilai budaya serta memastikan bahwa keputusan yang diambil selaras dengan nilai-nilai adat dan memperhatikan kepentingan seluruh masyarakat Kolaka Utara, “Katanya.

Pada acara tersebut, Penjabat Bupati juga menggarisbawahi pentingnya melestarikan bahasa daerah serta kearifan lokal sebagai bagian dari warisan budaya yang harus dijaga. Upaya memperkenalkan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari diharapkan dapat memperkaya dan mempertahankan keunikan budaya lokal.

” daerah kita ini memiliki banyak kearifan lokal silahkan dilestarikan dan dikembangkan Mari kita jaga dan lestarikan budaya lokal termasuk menjaga warisan budaya benda dan tak benda,”Jelasnya.

Kegiatan ini juga penyerahan sarana dan prasarana untuk mendukung keberlangsungan lembaga adat Tolaki oleh Pemda Kolaka Utara.. Ini merupakan langkah konkret dalam memastikan pelestarian budaya sebagai bagian integral dari identitas Sulawesi Tenggara dan bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Adat Tolaki Profesi Sulawesi Tenggara, Drs. Risman Aranani, MSI, dan pengurus LAT lainnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img