Pembukaan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Kolaka Utara Tahun 2022

Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, M. H, membuka pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran MTQ XVI tingkat kabupaten Kolaka Utara Tahun 2022 yang digelar di Alun-alun Kota Lasusua, pada Selasa (15/2/2022) malam.

Pembukaan MTQ yang ke-16 dihadiri oleh Wakil Bupati H. Abbas, S.E., Forkopimda, Sekda, Anggota DPRD, Kepala OPD, undangan dan Kafilah dari 15 Kecamatan.

MTQ XVI akan mempertandingkan delapan cabang yang diperlombakan dalam gelaran tahunan tersebut. lomba Tafsir Al-Qur’an, Hifzh Al-Qur’an, lomba Syarh Al-Qur’an, lomba Fahm Al-Qur’an, lomba Khath Al-Qur’an, lomba Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur’an (M2IQ) dan lomba Kaligrafi dan akan berlangsung tgl 15-19 Feb.2022 dan mengusung Tema ” Bersama Membangun Masyarakat Sejahtera dan Beradab dalam Bingkai Kolaka Utara Madani”.


Kita berharap MTQ ini melahirkan para juara yang akan mewakili Kolaka Utara di tingkat Provinsi Sultra, bahkan Tingkat Nasional dan internasional.

“Kita juga berharap MTQ kali ini tidak hanya sebagai ajang kontestasi tapi harus dimaknai yaitu menumbuhkan pribadi masyarakat yang gemar membaca dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup,” kata bupati.


Beliau juga menyampaikan agar dalam pelaksanaan MTQ tetap menerapkan Prokes dikarenakan masih dalam situasi pendemi.

Kegiatan juga dirangkai dengan pemberian penghargaan dari Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, S.H., kepada Pemerintah Daerah Kolaka Utara atas prestasinya sebagai terbaik I dalam Capaian Realisasi Anggaran Belanja APBD kabupaten/kota se- Prov. Sultra Tahun 2021.

Yaitu, dengan persentase capaian 96,49% dan capaian tersebut sekaligus menjadikan Kolaka Utara berada pada peringkat II tingkat Nasisonal.

Penyerahan tersebut diteruskan oleh Sekda DR. Taupiq Kepada Bupati Kolaka Utara.

Selain itu Kabupaten Kolaka Utara juga menerima penghargaan terbaik II atas kinerja penyaluran dan pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik semester II Thn 2021 lingkup Prov. Sultra dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Prov. Sultra.

Serta penghargaan Pemerintah Daerah Kolaka Utara dari Direktorat Jenderal Pajak atas kontribusinya dalam pelaksanaan pengamanan penerimaan pajak di wilayah kerja KPP Pratama Kolaka Tahun 2021.


(A. Taslim/toeb)

Komentar