Pemda Kolaka Utara Adakan Bimtek OSS Untuk Kemudahan Berusaha & Perizinan di Kolaka Utara

Pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kolaka Utara memberikan kemudahan pada pelaku usaha melalui Bimtek system Online Summision (OSS) untuk mendapatkan perizinan.

Diterangkan Sekretaris Daerah kabupaten Kolaka Utara Dr,Taufik,S dalam pembukaan kegiatan Sosilisasi Kemudahan Berusaha pada Penanam Modal dalam Negeri (PMDN), Usaha Kecil Menengah UMKM dan Penanaman Modal Asing (PMA) di salah satu hotel di Lasusua, Kamis (17/6/2021) bahwa kemudahan berusaha menjadi salah satu faktor penting yang patut diperhatikan kepada pelaku usaha untuk meningkatkan investasi. “Pemerintah berupaya mendorong reformasi struktural dalam kemudahan dengan berusaha, termasuk mereformasi sistem perizinan,” katanya.

Lebih lanjut Dr,Taufik,S menuturkan bahwa reformasi perizinan tersebut salah satunya dilakukan dengan meluncurkan OSS yang diharapkan efektif mengurangi kerumitan dalam birokrasi dan mempermudah para pelaku usaha.

“Sistem OSS merupakan perizinan berbasis teknologi informasi yang mengintegrasikan perizinan di daerah dan pusat dalam rangka mempermudah kegiatan usaha di dalam negeri”Tuturnya

Kehadiran OSS kata dia membuat pelaku usaha tidak harus mendatangi berbagai kementrian,lembaga atau organisasi perangkat daerah pada pemerintah daerah untuk mengurus perizinan usaha. “Pelaku usaha tidak lagi harus berhadapan dengan administrasi yang terbilang rumit dan berlapis-lapis karena harus diperoleh secara bertahap,”jelasnya.

Tujuan penerapan oss adalah yakni memberikan kemudahan perizinan berusaha, memberikan kepastian hukum bagi investor, dan meningkatkan investasi baik PMDN PMA maupun UKM. OSS yang merupakan sebuah system yang dioperasikan secara online.

“Kami dari pemerintah daerah mempfasilitasi para pelaku usaha dengan melakukan pembinaan melalui bimbingan teknis dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam penerapan system OSS dan pelaporan LKPM”Tutupnya.

Kegiatan tersebut turut hadir pemateri Prof.Dr Rusdin Hadanu, S.Pd. M.Si wakil rektor USN Kolaka, Ketua DPRD Kolut, Buhari, S.Kel,M.Si, dan H.Nur Ihsan HL Dosen USN serta Abdi, ST dari LKPM,” (L)

Komentar