24.7 C
Kendari
Senin, 15 April 2024

Pemda Kolaka Utara Angkat Bicara Terkait Usulan Pergantian Penjabat Bupati

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Minggu (24/12) Dalam menanggapi informasi terkait usulan pergantian Penjabat Bupati Kolaka Utara oleh enam fraksi DPRD, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Kolaka Utara, Batman Batau, menyatakan bahwa mereka belum menerima surat usulan tersebut. Menurutnya, Sekretaris Dewan juga belum melihat surat yang ditujukan ke Kementerian Dalam Negeri terkait hal ini.

“Saya belum melihat usulan tersebut, bahkan konfirmasi dari Pak Sekretaris Dewan juga tidak melihat surat itu. Kami menilai langkah yang dilakukan tanpa proses yang tepat sangat disayangkan. Proses pemerintahan harus mengikuti asas prosedural dan prinsip kemitraan strategis antara pemerintah dan DPRD.” Ujarnya.

Batman menegaskan bahwa proses pemerintahan harus mengikuti asas prosedural. Ia menyayangkan langkah Lima fraksi DPRD yang mengajukan usulan tanpa melalui proses alat kelengkapan DPR seperti dengar pendapat. Menurutnya, hal ini tidak sesuai dengan prinsip kemitraan strategis antara pemerintah dan DPRD.

“Proses pemerintahan harus mengikuti asas prosedural dan prinsip kemitraan strategis antara pemerintah dan DPRD. Kami menilai langkah yang dilakukan tanpa melalui proses yang tepat sangat disayangkan.” Jelasnya.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Dinas Kearsipan itu menambahkan bahwa penjabat Bupati Kolaka Utara telah menjalankan tugasnya selama tiga bulan, namun evaluasi baru dilakukan. Ia meminta agar DPRD, sebagai unsur pemerintah, memberikan dukungan dan menghindari tindakan yang melanggar aturan.

Mengenai alokasi dana 500 juta untuk UMKM tanpa pembahasan melalui Badan Anggaran DPRD, Batau menyoroti mengapa hal tersebut tidak dibahas saat pembahasan anggaran. Ia menilai bahwa jika DPRD mengetahui hal tersebut, seharusnya mereka bertanya kepada pihak terkait, seperti Sekda atau Dinas Terkait.

“Kenapa DPRD tidak meminta pembahasan saat rapat Badan Anggaran tetapi mengetahui hal tersebut? Seharusnya mereka  memanggil Sekretaris Daerah, atau instansi terkait. Tidak mungkin bagi Bupati untuk mengetahui semua detail terkait hal itu.”Katanya

Menanggapi tudingan bahwa Penjabat Bupati berpihak pada satu warna, Batman menegaskan prinsip netralitas Penjabat Bupati. Ia meminta jika ada tuduhan konkret, agar dibuktikan dengan fakta yang jelas.

‘Masalah Penjabat bupati Kolaka Utara yang dikatakan berpihak pada satu warna. Pak Penjabat Bupati sudah berkali-kali menyatakan bahwa saya menjunjung tinggi asas netralitas, kalau ada tuduhan saya memihak ,tunjukkan  satu saja orang yang pernah saya bisiki, hadirkan bawa ke saya.” Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img