Pemda Kolaka Utara Kurban 27 Ekor Sapi, Ini Prosedur Pemotongan dan Metode Pembagiannya

Lebaran Tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara menyiapkan 27 ekor sapi untuk di qurbankan pada hari Raya Idhul Adha tahun ini.

Dijelaskan Ahmad Sanusi selaku Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka Utara bahwa hewan kurban yang masuk saat ini berdasarkan data sementara”ini masih data sementara tahun-tahun sebelumnya bisa sama mencapai 50 ekor sapi yang dikurbankan, biasanya mendekati lebaran baru datanya rampung”Tuturnya.

Ahmad Sanusi Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka Utara

Diapun menambahkan bahwa yang sudah masuk list qurban yakni diantaranya dari Bupati 2 ekor, Setda 1 ekor, Kemenag 8 ekor, Diknas 6 ekor, Dinkes 7 ekor” untuk daging qurban ini nantinya akan dibagikan kedesa-desa”Katanya.

Sementara untuk perayaan hari raya Idul Adha yang jatuh pada 20 juli mendatang diperbolehkan dilaksanakan di Masjid, Musholla, Lapangan hingga halaman sekolah.” sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Kolaka Utara 009/242/2021 tentang penegasan perlakuan protokol kesehatan” katanya.

Kepala Desa atau Lurah menyiapkan masker, sabun, tempat cuci tangan dan mengatur jarak jamaah shalat Idul Adha. Tidak menyelenggarakan takbir keliling dan takbiran dilaksanakan di setiap masjid, mushallah hingga pukul 22.00 Wita waktu setempat.

“Pada pelaksanaan pemotongan hewan gurban supaya menghindari kerumunan dan panitia membagikan daging hewan gurban dengan cara diantar langsung kepada penerima dan pelaksanaan Khutbah Idul Adha 1442 H maksimal 15 menit. “katanya

Sesuai surat edaran Bupati Camat diminta melaksanakan pemantauan dan pengawasan terhadap persiapan, pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 H dan melakukan koordinasi dengan pihak Polsek, Babinsa, Kepala Puskesmas”melaporkan hasilnya kepada Bupati Kolaka Utara melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara,” Tandasnya. (L)

Komentar