27.7 C
Kendari
Sabtu, 13 April 2024

Pemda Kolaka Utara Menandatangani MOU dengan Dua Universitas di Sulawesi Tenggara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Utara menandatangi Momerandum of Understanding (MOU) dengan dua universitas Lakidende dan Universitas Nahdatul Ulama (NU) untuk melakukan kegiatan penilitian di Kolaka Utara.

Penandatanganan MOU tersebut dirangkaikan dengan sosialisasi hasil-hasil kelitbangan yang dihadiri langsung oleh Bupati Kolaka Utara Drs.Nurrahman Umar yang digelar di salah satu Hotel di Lasusua, Kamis (12/12), Dikatakan Bupati Kolaka utara bahwa penelitian dan pengembangan (Litbang) memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong kemajuan suatu daerah.: hasil-hasil kelitbangan yang akurat dalam bentuk konsep, model, skenario,maupun pilihan kebijakan yang tepat dapat menjadi rekomendasi dalam mengatasi berbagai masalah yang timbul di suatu daerah, sekaligus menjadi solusi dalam rangka meningkatkan produktivitas di berbagai sektor pembangunan,”katanya.

Bupati menyatakan bahwa riset sangat penting dilakukan sebelum pembangunan dilakukan, karena penilitian atau riset telah menggambarkan tahapan berfikir ilmiah yang dilaksanakan sebelum program atau kegiatan dilaksanakan.

Penelitian juga memaparkan tahapan metodolgi sebelum merumuskan suatu kesimpulan.

“Untuk melakukan penguatan Lembaga Kelitbangan, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggarn Rp.1.209.900.000 untuk 8 penelitian tahun ini, Pemda Kolaka Utara akan terus mendorong dan mendukung setiap kegiatan kelitbangan yang dilakukan Balitbang Kolaka Utara,”katanya.

Bupati menambahkan bahwa beberapa peniltian juga telah dilakukan tentang kakao, Program Revitalisasi kakao diharapkan dapat menegembalikan mengembalikan kejayaan perekonomian masyarakat Kolaka Utara yang bertumpu pada sektor pertnian khususnya tanaman kakao. Potensi lahan harus dimaksimalkan, melalui berbagai cara sehingga perlu penelitian lebih mendalam. Saya harap kita tidak berhenti sampai disini saja. Kita harus berfikir terus agar kakao sejak pra tanam sampai pasca produksi memberi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat,”tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img