Pemda Kolaka Utara Raih Penghargaan Predikat B Sistem Akuntabilitas Dari Kemenpan-RB

pemda-kolut-raih-penghargaan-sikip-dari-kemenpan

Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara akhirnya kembali menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip) tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada Senin (24/2) di Yogyakarta.

Penghargaan tersebut diterima langsung Oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Utara Taufiq Burhan. Penghargaan tersebut merupakan sistem yang terintegrsi antara sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Seperti yang diungkapkan Kasubag Evaluasi Kinerja Organisasi dan Reformasi Birokrasi, Musakkar,ST. Penilaian terdiri dari perencanaan,Penganggaran dan pelaporan.

“Penilaian dilakukan pada perencanaan dan penganggaran sebagaimana yg tertuang dalam RPJMD, RENSTRA OPD, IKU, RKPD, RENJA OPD, PK, RENCANA AKSI. Penilaian pelaporan sebagaimana yg tertuang dalam Laporan Kinerja (LKJ) yg terdiri dari LKJ bupati dan LKJ kepala OPD,”Katanya.

Penilaian itu berdasarkan Peraturan Pemerintah No 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres No 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Komentar