Pemda Kolaka Utara Siapkan 1120 Vaksin Covid-19

Sebagai langkah preventif terhadap penyebaran Covid-19 saat ini pemerintah menyiapkan vaksin dan untuk di Kolaka Utara 1,120 Vaksin tahap pertama akan segera tiba di Kolaka Utara.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara Irham,S.Km,M.Kes bahwa vaksin sudah tiba di Kendari tinggal menunggu izin edar dari dari BPOM.

“Rencana awal vaksin akan di edarkan pada 8 Januari ke Kabupaten, tapi sekarang masih menunggu izin edar di BPOM kalau izin edar apakah nanti di jemput atau bagaimana,”Katanya.

Lebih Lanjut dia menjelaskan bahwa Tim medislah yang akan di vaksin di tahap awal, kemudian dilanjutkan tahap Dua, ASN dibagian pelayanan, TNI, Polri dan tahap Tiga Semua ASN dan Tahap empat Masyarakat umum.

“Untuk vaksin di tahap awal itu kita ajukan sekitar 1,120 dan yang di vaksin tahap awal Bupati, Wakil Bupati, Kepala Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur rumah sakit dan Tim medis,”Katanya.

Untuk vaksin ini ada kriteria yang diterapkan yakni usia 18 sampai 59 Tahun, Ibu Hamil dan menyusui serta yang pernah terkonfirmasi positif sementara tidak di vaksin.

“Minimal usia 18 tahun yang akan di vaksin sementara yang pernah terkonfirmasi positif itu minimal 6 bulan setelah terkonfirmasi baru bisa di Vaksin, vaksin tersebut nantinya akan di sebar pada fasilitas kesehatan dan setiap hari sekitar 30 orang akan di Vaksin “tuturnya. (L)

Komentar