Pemda Kolaka Utara Siapkan Pasar untuk Tanaman Sela

Program unggulan Bupati Kolaka Utara Drs Nur Rahman yang akan mengembalikan kejayaan kakao di wilayah otoritasnya selama dua tahun itu disambut positif masyarakat Kolaka Utara, selama penantian dua tahun masyarakat di anjurkan menanam tanaman sela yang pasarnya di siapkan oleh pemda Kolaka Utara.

Seperti yang diterangkannya dalam kegiatan sosialisasi revitalisasi kakao Selasa (8/11) di kelurahan Mala-mala Kecamatan Kodeoha bahwa selama dua tahun menanti program kakao berhasil masyarakat kolaka utara dianjurkan menanam tanaman sela seperti holtikultura yang pasarnya telah siap.

“Selama dua tahun coklat kita di tebang, kita akan menanam tanaman sela yang nantinya itu yang akan menjadi penghasilan kita, tapi tanaman sela ini bukan selama dua tahun saja, tapi selamanya karna tanaman jaangka panjang seperti kakao ini nanti hasilnya di tabung di bank tapi tanaman sela yang akan memenuhi kebutuhan sehari-hari kita,”jelasnya.

Perkebunan Tomat masyarakat Desa Raoda kecamatan Lambai

Namun kata dia penanaman tanaman sela harus menunggu instruksi dari dirinya, pasalnya dirinya tidak mau masyarakakat merugi jika menanam tanpa istruksi karna pasar belum siap, jika ada instruksi maka pasarpun sudah siap.

“kalau sekarang yang siap itu talas jepang dan jagung sudah ada perusahaan yang siap beli dan menandatangani MOU di hadapan notaris, kalau yang lain belum kita baru mencari pasarnya,”katanya.

Lebih lanjut dia menyatakan bahwa, lahan perkebunan tanaman sela itu nanti akan di identivikasi tanaman yang cocok yang akan ditanam oleh masyarakat, “nanti kita lihat tanaman apa yang cocok yang akan ditanam yang pasarnya sudah siap,”Tandasnya.

Komentar