Pemda Kolaka Utara Utara menggelar Sosialisasi Saber Pungli dan Gratifikasi

Selasa (10/12) Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar sosialisasi Sapuh Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan Gratifikasi yang digelar di Islamic Center Mesjid Agung Bahru Rasyid Wal Ittihad Kolaka Utara.

Dikatakan Bupati Kolaka Utara Drs. Nur Rahman Umar dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut bahwa, rapat koodinasi Forkopimda dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan membangun hubungan yang harmonis serta komunikasi yang baik diantara Forkopimda, pelaksana rapat sebagai tindak lanjut arahan Presiden.


“Sosilisasi Sapu bersih pungutan liar dan gratifikasi diharapkan dapat memaksimalkan pelaksanaan pencegahan dan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien, serta memberikan pemahaman tentang gratifikasi,”katanya.

Beliapun menyatakan bahwa untuk melakukan pencegahan dan pemeberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil. Serta menyelenggarakan fungsi intelijen, pencegahan penindakan dan yustisi.

“Sosialisasi sapu bersih dan pungutan liar diharapakan dapat mengingatkan apa itu pungutan liar, gratifikasi dan bagaimana akibatnya, sehingga pungutan dan gratifikasi dapat dicegah dan diberantas sejak dini” harapnya.

Beliaupun berharap masyarakat Kolaka utara untuk ikut berperan aktif dalam pemeberantasan pungutan liar dan gratifikasi, ”jangan ragu melaporkan pada tim saber pungli baik melalui telpon, sms,email maupun menyampaikan langsung ke posko saber pungli, jika ditemukan oknum aparatur pemerintah daerah yang melakukan pungutan liar, dan identitas pelapor akan dirahasiakan, jika aparatur negara yang menerima pemberian apabila berhubungan dengan jabatannya dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya akan segera dilaporkan ke unit penegendali gratifikasi,”Tandasnya.