Pemda Optimis Pembangunan Bandara Kolaka Utara Dapat Kucuran APBN Rp400 Miliar di Tahun 2023

Pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Utara optimis proyek pekerjaan pembangunan Bandar Udara di Desa Lametuna Kecamatan Kodeoha akan selesai sesuai perencanaan setelah adanya kucuran dana APBN sebesar Rp400 miliar, rencananya akan digelontorkan di 2023 mendatang.

Melalui Kepala Dinas Perhubungan Kolaka utara Ir. Junus, M.Si mengatakan, pembangunan bandara yang di tempatkan di bagian utara kota Lasusua tersebut menunjukkan progress yang signitifikan setelah dianggarakan melalui APBD sebesar Rp56 miliar pada tahun 2021 lalu.

Ir. Junus menyampaikan bahwa bandara tersebut nantinya menjadi akses transportasi cepat yang memang dibutuhkan masyarakat saat ini:

“Pembangunan bandara ini masuk dalam rencana strategis nasional, sehingga anggarannya baru bisa turun nanti di Tahun 2023,” kata Djunus, Selasa (11/1/2022).

Kemudian bandara ini akan dihibahkan di Kementerian Perhubungan untuk selanjutnya menjadi aset Kemenhub. Rencananya di 2022 ini aset tersebut akan diserahkan ke pemerintah pusat.

Menurutnya, untuk pembangunan Bandara Kolaka Utara di 2022 ini, Pemkab Kolut Pemda masih menggelotorkan anggaran sebesar Rp400 juta, untuk item pekerjaan penambahan penimbunan sisa di 2021 lalu.

Ia berharap bandara kolaka utara segera dapat dinikmati masyarakat dan menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat nantinya.

“Kalau sudah ada landas pacu dan sudah ada terminal sementara, maka tinggal pesawat yang akan diusahakan untuk beroperasi. Semoga di 2024 nanti sudah ada pesawat yang beroperasi,” pungkasnya. (B)


Berita ini kali pertama tayang di halaman zonasultra.com

Komentar