27.7 C
Kendari
Sabtu, 13 April 2024

Pemerintah Kolaka Utara Fokus Tingkatkan PAD dengan Implementasi QRIS

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Selasa (16/10/2023) Pemerintah Daerah mengadakan rapat evaluasi guna menilai pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama Triwulan III tahun 2023. Rapat ini juga menjadi wadah sosialisasi implementasi pembayaran pajak dan retribusi daerah non tunai dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Jelaskan apa itu QRIS? ? Klik untuk melihat jawaban dan menutup jawaban

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS adalah standar nasional untuk pembayaran digital di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). QRIS dapat digunakan untuk pembayaran menggunakan berbagai metode pembayaran, seperti kartu debit, kartu kredit, uang elektronik, dan dompet digital. QRIS memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Mudah digunakan, hanya perlu memindai QR Code dengan ponsel
  • Aman, menggunakan teknologi enkripsi
  • Mendukung berbagai metode pembayaran
  • Dapat digunakan di berbagai merchant

QRIS telah diadopsi oleh banyak merchant di Indonesia, mulai dari warung kecil hingga toko besar. QRIS juga didukung oleh berbagai aplikasi pembayaran digital.

Berikut adalah cara menggunakan QRIS:

  • Buka aplikasi pembayaran digital yang Anda miliki.
  • Pilih opsi pembayaran QRIS.
  • Pindai QR Code yang ada di merchant.
  • Masukkan PIN atau OTP untuk menyelesaikan pembayaran.

QRIS merupakan salah satu upaya Bank Indonesia untuk mendorong digitalisasi pembayaran di Indonesia. QRIS diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran digital.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan QRIS:

  • Pembayaran belanja di toko
  • Pembayaran makanan dan minuman di restoran
  • Pembayaran transportasi online
  • Pembayaran tagihan listrik, air, dan telepon
  • Pembayaran pajak

QRIS adalah solusi pembayaran digital yang praktis dan aman. Dengan QRIS, Anda dapat melakukan pembayaran digital dengan mudah dan cepat.

contoh qris

Jawaban ini mungkin disediakan oleh kecerdasan buatan


Rapat evaluasi PAD Triwulan III di pimpin langsung Kepala Dinas Pendapatan Daerah Rizal Natsir yang juga dihadiri oleh berbagai pihak terkait, perwakilan instansi terkait, dan pemangku kepentingan lainnya. Fokus utama rapat adalah menganalisis pencapaian target pendapatan asli daerah yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tidak hanya evaluasi, sosialisasi implementasi pembayaran pajak dan retribusi daerah non tunai dengan QRIS juga menjadi agenda krusial dalam rapat ini. Langkah progresif telah diambil oleh Pemerintah Daerah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam sistem perpajakan. “QRIS menjadi teknologi yang dimanfaatkan, memungkinkan wajib pajak untuk membayar pajak dan retribusi daerah secara non tunai melalui platform digital,” Ujar Rizal Natsir.

Diapun menambahkan bahwa Metode pembayaran QRIS memudahkan wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah melalui pemindaian kode QR pada tagihan pajak. “Tujuannya adalah mempermudah masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan sekaligus mengurangi penggunaan uang tunai, sesuai dengan fokus pendorong ekonomi non-tunai,” Jelasnya.

Rapat evaluasi PAD Triwulan III dan sosialisasi pembayaran pajak daerah non tunai dengan QRIS menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah untuk memperbaiki sistem perpajakan dan memastikan pencapaian pendapatan asli daerah secara efisien dan transparan. “Semua pihak diharapkan dapat mendukung inisiatif ini untuk mewujudkan perekonomian yang lebih modern dan inklusif,” Harapnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img