24.9 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

Pemulihan Ekonomi & Peningkatan PAD Jadi Salah Satu Fokus Pemda Kolaka Utara di Tahun 2024

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Bupati Kolaka Utara, Parinringi, mengungkapkan bahwa pemulihan ekonomi dan peningkatan pendapatan daerah menjadi fokus utama tahun 2024. Hal ini disampaikannya pada acara Musrembang RKPD Kabupaten Kolaka Utara yang digelar pada Senin (20/2/2023) di Kecamatan Wawo. Selain itu, terdapat beberapa permasalahan penting lainnya yang harus menjadi perhatian bersama di tahun 2024, seperti upaya pencapaian indikator makro, upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah, dan percepatan penurunan kemiskinan ekstrem.

“Perubahan kondisi lingkungan strategis yang masih belum menentu turut berpengaruh terhadap capaian berbagai indikator makro pembangunan, terutama laju pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan dan
angka pengangguran, ” Ujar Pejabat Bupati Kolaka Utara Parinringi.

Pemerintah pusat menargetkan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia mencapai nol persen pada 2024 mendatang. Data tahun menunjukkan bahwa di Kabupaten Kolaka Utara terdapat 15.582 Keluarga Miskin. “Tantangan yang dihadapi saat ini adalah upaya untuk menghapuskan 7.086 atau 4,49% penduduk kategori miskin ekstrim, ” Katanya.

Bupati juga mengatakan bahwa tahun 2024 merupakan tahun yang krusial dalam target makro pencapaian kinerja indikator pembangunan. “Kondisi lingkungan strategis yang masih belum menentu juga turut berpengaruh terhadap capaian berbagai indikator makro pembangunan, terutama laju pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, dan angka pengangguran, ” jelasnya.

Dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Bupati Parinringi menekankan pentingnya penerapan kebijakan dana transfer yang dinamis. Keterbatasan negara dalam memberikan dana perimbangan akan semakin menuntut upaya daerah guna meningkatkan pendapatan asli daerahnya untuk membiayai berbagai program pembangunan serta melakukan optimalisasi, efisiensi, dan efektivitas belanja daerah.

“Oleh karena itu, pemulihan ekonomi dan peningkatan taraf hidup masyarakat menjadi hal yang menjadi fokus perhatian,” Tutupnya.

Anggota DPRD Kolaka Utara, Abu Muslim, juga hadir dalam acara Musrembang RKPD tersebut, para Kepala OPD, Camat, Kapolsek, Danramil dan Para Kepala Desa.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img