Penanaman Padi Serentak di Desa Lanipa Kecamatan Pakue Tengah

Rabu 16 Mei 2018, kesepakatan  para petani sawah yang ada di Desa Lanipa Kecamatan Pakue Tengah Kabupaten Kolaka Utara bulan Mei ini mulai dilaksanakan yakni melakukan sistem tanam benih langsung (tabela).Varietas padi yang ditanam para petani di Desa Lanipa adalah Varietas Inpari 6 yang mana dapat menghasilkan sekitar 9 ton per hektar.

Rencana proses penanaman ini tetap akan dilanjutkan meskipun sekarang bulan Ramadhan tidak menjadi kendala bagi para petani untuk tetap melaksanakan kegiatan di sawah. Menurut Ketua Kelompok Tani Nyiur Melambai “Proses penanaman padi ini akan tetap dilaksanakan sesuai dengan hasil kesepakatan bersama yaitu bulan Mei dan Juni karena bulan Juli masyarakat desa Lanipa akan disibukkan dengan acara Perayaan HUT RI dan Desa Lanipa akan menjadi tuan rumah antar kecamatan”.

Kegiatan penanaman padi  pada bulan Mei hingga Juni ini sangat direspon oleh pemerintah setempat khususnya Kepala Desa dan Ketua BPD Desa Lanipa. Hal ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi para petani yang ada di Desa Lanipa. Dan dengan jadwal tanam ini diharapkan dapat terhindar dari hama pengganggu tanaman padi khususnya hama tikus yang sangat meresahkan para petani sawah. Mudah-mudahan kedepannya nanti  Desa Lanipa bisa menjadi Lumbung Padi bagi Kabupaten Kolaka Utara. Amin… (admin lanipa)

Komentar