25.3 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Apdesi Kolaka Resmi Dilantik

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Rabu (20/12), di Mesjid Agung Bahru Rasyad Wal Ittihad, pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kolaka resmi dilantik oleh H. Tasman, Ketua DPD Apdesi Sulawesi Tenggara.

Masa bakti tahun 2023 hingga tahun 2028 akan dipimpin oleh Maskuri, Kepala Desa Lambuno, sebagai Ketua DPC Apdesi. Dalam pernyataannya, Ketua Apdesi Maskuri menegaskan peran Apdesi sebagai wadah perkumpulan kepala desa untuk menjaga harkat dan martabat kepala desa serta meningkatkan inovasi.


“Apdesi adalah wadah perkumpulan kepala desa. Untuk meningkatkan pencapaian inovasi, kita akan menumbuhkan solidaritas, Apdesi Kolaka Utara siap bersedia sinergi dengan Pemda Kolaka Utara senantiasa menyebarkan kebaikan untuk Kolaka Utara.”Katanya.

H.Tasman, Ketua DPD Apdesi Sulawesi Tenggara, mengungkapkan harapannya agar Apdesi Kolaka Utara dapat meningkatkan peran dan fungsi di desa masing-masing dengan membantu dalam peningkatan ekonomi.

“Apdesi Kolaka Utara dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, dengan peran yang bisa meningkatkan ekonomi di desa. Apdesi bisa meningkatkan peran dan fungsinya di desa masing-masing serta meningkatkan kapasitas dan meningkatkan kerjasama yang baik.”Harapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menekankan pentingnya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai kelembagaan ekonomi yang harus ditingkatkan untuk memberikan manfaat bagi desa.

“Bumdes sebagai roda penggerak ekonomi lokal, yang bukan hanya menjadi pusat inovasi dan produksi, tetapi juga sebagai jembatan penghubung antara potensi desa dengan peluang-peluang besar di ranah ekonomi. Bumdes adalah kunci emas yang membuka pintu kemajuan bagi masyarakat desa menuju kesejahteraan yang berkelanjutan,”Katanya.

Menyoroti kesejahteraan, Penjabat Bupati menekankan bahwa kepala desa memiliki peran penting dalam mengatasi kemiskinan serta perlu meningkatkan peran mereka dalam mengelola pendapatan desa dan menggerakkan aktivitas ekonomi. ” Dalam pembangunan kepala desa memiliki peran dalam pembangunan, baik dalam manajemen pengelolaan maupun dalam memastikan layanan yang memadai bagi warganya terkai penangan, stunting dan miskin ekstrim,”Katanya.

Pelantikan ini menjadi momen penting dalam memperkuat solidaritas serta meningkatkan kerjasama yang harmonis antara Apdesi, pemerintah daerah, dan masyarakat desa Kolaka Utara untuk kemajuan bersama.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img