30.1 C
Kendari
Jumat, 24 Mei 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Dorong Pengembangan Destinasi Wisata

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir Sukanto Toding, MSP,. MA., menyoroti dua destinasi wisata utama di daerahnya, yaitu wisata arung jeram Desa Tinukari Kecamatan Ranteangin dan Danau Biru Desa Walasiho Kecamatan Wawo.

Dalam kunjungan baru-baru ini, beliau menyatakan, “Kunjungan ini adalah langkah awal untuk mempersiapkan usulan desa wisata untuk desa Tinukari dan desa Walasiho.”Katanya.

Destinasi arung jeram di Desa Tinukari, satu-satunya sungai yang menguji adrenalin di di Bumi Anoa, telah menarik perhatian sejak berdirinya pada tahun 2019. Sementara itu, Danau Biru atau mata ndahi yang berarti mata air laut yang mempesona dengan perpaduan danau, tebing, dan pantai, juga menjadi fokus perhatian.

Sukanto Toding menekankan bahwa pengembangan desa wisata adalah bagian dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati, dengan menonjolkan keunikan sungai, tanaman endemik seperti coklat, dan potensi lainnya. Dia juga berharap Tinukari dapat diangkat sebagai jalur arung jeram serta menjadi tujuan pendaki gunung Mekongga, pasalnya Desa Tinukari adalah satu akses yang bisa dituju untuk mendaki di gunung tertinggi di Sulawesi Tenggara.

“Pengembangan ekonomi melalui sektor pariwisata menjadi fokus utama kami. Desa Tinukari akan dikembangkan dengan homestay, di mana wisatawan bisa tinggal di rumah penduduk, sementara event budaya dan musik seperti Jazz Bromo di Jawa juga direncanakan untuk menarik minat wisatawan,” ujarnya.

Sementara untuk Danau Biru, rencananya adalah memperkaya pengalaman pengunjung dengan pengembangan flying fox sebagai salah satu atraksi tambahan. Dimulai dari tebing Danau Biru sampai ke pantai.

Tidak hanya itu, upaya pengembangan olahan produk dari sabut dan kulit kelapa serta meramu coklat siap minum sebagai cenderamata lokal juga dilirik sebagai strategi pengembangan ekonomi. “Kedepannya, kami akan membuat outlet khusus untuk produk-produk unggulan ini,” tambahnya.

Kunjungan ini menegaskan komitmen penjabat bupati dalam mengembangkan potensi pariwisata Kolaka Utara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img