24.8 C
Kendari
Jumat, 17 Mei 2024

Pesta Panen Padi di Desa Rante Baru Kecamatan Rante Angin Upaya Pengendalian Inflasi

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Kamis (19/10/2023), Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, memulai kegiatan panen raya padi bersama petani Kecamatan Ranteagin sebagai langkah strategis dalam pengendalian inflasi daerah. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Ir. Sukanto Toding berbicara tentang pentingnya kekuatan bersama dalam menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh perubahan iklim, khususnya dampak El Nino yang menyebabkan kekeringan di berbagai daerah.

“Panen raya ini adalah ekspresi daya tahan kita, prinsip ketahanan kita sebagai satu gugus tugas dalam arti kekuatan kita di sisi pemerintahan dan ketangguhan kita sebagai masyarakat utama dalam sektor produksi pertanian,” kata Penjabat Bupati.

Beliau juga menekankan pentingnya rasa syukur dan kesadaran untuk terus melakukan upaya antisipasi ke depan. “Ini adalah bentuk Rasa syukur, tetapi setelah itu, kita harus berupaya untuk melakukan antisipasi terhadap kondisi yang mungkin kurang menguntungkan yang dapat terjadi di tempat lain. Ini adalah langkah penting untuk menjaga stabilitas ekonomi dan ketahanan pangan daerah kita,” tambahnya.

Selain itu, Penjabat Bupati juga menyoroti upaya pelestarian lahan irigasi dan pengoptimalan lahan pertanian. ” Sebagai salah satu yang sangat penting itu adalah pangan, maka  lahan pangan berkelanjutan itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi kita, kita harus pertahankan, tentu kita tidal menginginkan ada sebuah konversi, kalau ada lahan kita digunakan untuk yang lain, atau dirusak,” jelasnya.

Dengan kegiatan panen raya ini, Penjabat Bupati Kolaka Utara berharap dapat memperkuat sinergi antara pemerintah dan petani dalam menjaga ketahanan pangan daerah dan menghadapi tantangan lingkungan yang semakin kompleks.

Dalam acara panen raya yang dihadiri oleh petani dari Kecamatan Ranteagin, Penjabat Bupati Kolaka Utara juga menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk terus mendukung sektor pertanian. Hal ini termasuk peningkatan saluran irigasi, jalan usaha tani dan lainya, untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Dr. Ir. Sukanto Toding juga mengapresiasi kerja keras para petani dalam menciptakan ketahanan pangan daerah. Dia mengatakan bahwa petani adalah pahlawan pertanian yang tak kenal lelah dalam menghasilkan padi dan bahan pangan lainnya. Penjabat Bupati berjanji untuk terus mendengarkan aspirasi petani dan mencari solusi bersama dalam mengatasi tantangan yang dihadapi oleh sektor pertanian.

Kegiatan panen raya ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan keberlanjutan pertanian. “Kesadaran akan pentingnya menjaga lahan pertanian dan sumber daya alam akan menjadi kunci untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Kolaka Utara,” Tutupnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Minta BUMDES Maksimalkan Potensi Desa

Desa Babusalam, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, dikenal sebagai desa yang terletak di puncak gunung dengan tanah yang subur....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img