24.7 C
Kendari
Senin, 15 April 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Hadir dalam Pengukuhan Adat Suku Tolaki di Kabupaten Konawe

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, Hadir dalam Pengukuhan Adat Suku Tolaki di Kabupaten Konawe Kamis (21/12). Kegiatan ini, yang diadakan di halaman Kantor Bupati Konawe.

“Kehadiran kami dalam kegiatan adat suku Tolaki hari ini adalah sebuah kehormatan. Ini bukan hanya sekadar acara, tetapi juga sebuah upaya penting dalam memelihara, menghormati, dan memperkuat kekayaan budaya yang merupakan bagian tak terpisahkan dari identitas dan warisan kita.”Ujar Penjabat Bupati.

Kegiatan itu dimulai dengan karnaval pawai budaya dari desa, kelurahan, dan kecamatan se-Kabupaten Konawe memberikan warna tersendiri sebelum memasuki ritus sakral yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari adat Tolaki. Mosehe, sebuah ritual pemurnian yang dilakukan dalam tradisi Tolaki, diwujudkan melalui pemotongan seekor kerbau.

Kemudian pemasangan songkok adat kepada Pj Bupati Konawe Harmin Ramba sebagai pemimpin Konawe saat ini oleh Sekjen DPP LAT Sultra. Selanjutnya, pengangkatan Raja atau Mokole Konawe yang Ke-34 diberikan Kepada Lukman Abunawas, ditandai dengan pemasangan Lencana, dan Penyerahan Keris pusaka. 

Terakhir, Penganugrahan gelar adat diberikan kepada Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara Andhap Budi Revianto dengan gelar Adat Mokole Ulusalano Wonua I Sulawesi Tenggara.  Mantan Kapolda Sultra tahun 2016- 2018 ini dinobatkan sebagai Langgai Mandarano Wuta Ndolaki Sulawesi Tenggara. Memiliki makna Pria Cerdik Pandai di Daerah Tolaki Sulawesi Tenggara.

Semua rangkaian acara tersebut bukan hanya sekadar upacara, tetapi menjadi simbol dari upaya untuk menjaga, memelihara, dan menghormati kekayaan budaya suku Tolaki. Hal ini memperkuat semangat bersatu dan berhimpunnya masyarakat Tolaki serta menjadi tonggak bersejarah dalam warisan budaya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img