24.7 C
Kendari
Senin, 15 April 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Hadiri Evaluasi Tindak Lanjut Audit Kasus Stunting di Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Pemda Kolaka Utara Menggelar  Pertemuan untuk mengevaluasi hasil tindak lanjut pasca diseminasi audit kasus stunting (AKS) Semester II di tingkat kabupaten Kolaka Utara. Dalam  kegiatan,  tim teknis dari OPD dan tim pakar hadir.

Fokusnya adalah menelaah hasil diseminasi terkait stunting untuk memastikan apakah langkah-langkah yang diambil telah efektif. Evaluasi ini melibatkan dokter ahli dan anggota Satgas yang secara konsisten berupaya menurunkan angka stunting, yang saat ini menunjukkan penurunan sebesar 4,3 persen.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir Sukanto Toding, menyatakan pentingnya upaya ini sebagai langkah strategis untuk penanganan stunting. Mereka melihat bahwa kasus stunting ini terkait dengan persiapan dari hulu, seperti persiapan calon pengantin dan perhatian pada 1000 kelahiran pertama.

“Upaya evaluasi ini sangat penting dalam memastikan bagaimana kita memperlakukan kasus stunting. Dari hasil evaluasi, kita dapat mengidentifikasi langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk penanganan stunting, yang bermula dari persiapan sejak awal, seperti perhatian terhadap calon pengantin dan fokus pada 1000 kelahiran pertama. Langkah ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menurunkan angka stunting di Kolaka Utara secara konsisten.”Jelasnya.

Langkah penting lainnya adalah persiapan gugus tugas di kecamatan untuk pendekatan edukatif dan medis, sementara di tingkat hilir telah disiapkan dokter ahli. Dengan upaya ini, diharapkan kasus penyakit kronis dapat berkurang, dan mereka berusaha memastikan bahwa tindakan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya.

“Dengan target penurunan angka stunting dari 14 persen pada tahun 2024 secara nasional, mereka berupaya secara simultan di sektor edukatif dan medis. Fokusnya kita adalah mengidentifikasi faktor-faktor seperti budaya, pola asupan, dan pola makan dalam keluarga yang dapat memengaruhi stunting,” Katanya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img