24.9 C
Kendari
Kamis, 23 Mei 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Hadiri Halal Bil Halal dan Pengukuhan Pengurus MUI Kolaka Utara

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menghadiri acara Halal Bil Halal Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kolaka Utara, yang juga dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kolaka Utara.

Dijelaskan Penjabat Bupati bahwa Ada dua fungsi utama ulama pemimpin ummat dan mitra pemerintah, ulama dan umara seperti mata uang yang tak terpisahkan, bahwa pembangunan manusia adalah integrasi dari aspek pikir kognitif pengetahuan kemudian aspek batiniah

“Maka sepanjang itulah kita selalu mementingkan bahwa ulama harus bersanding dengan Umara yang dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan pemerintahan Ulama dan Umara seperti¬† mata uang yang tak terpisahkan,”Ungkap Penjabat Bupati Kolaka Utara.

Sekda Kolaka Utara, Dr. Taupik S, yang juga menjabat sebagai ketua DMI Kolaka Utara, hadir dalam acara tersebut bersama dengan Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. K.H. Muslim, M.Si, yang memberikan hikmah Halal Bil Halal.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, menyatakan bahwa ulama memiliki dua fungsi utama, yakni sebagai pemimpin umat dan mitra pemerintah dalam pembangunan manusia, yang merupakan integrasi dari aspek pikir kognitif dan aspek batiniah.

Beliau menekankan pentingnya peran ulama sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan, sehingga tercipta sinergi yang harmonis antara ulama dan umara. “Fungsi ulama dan umara dalam membangun moral masyarakat diakui sebagai amanat bagi bangsa, yang harus dijunjung tinggi dalam konsistensi dan keyakinan untuk membangun moral masyarakat,” tambahnya.

Pemerintah, di sisi lain, menyadari kelemahan dan tantangan yang dihadapi, dan mengandalkan ulama sebagai penyejuk serta sumber inspirasi dalam langkah-langkah membangun bangsa dan negeri ini dengan mengidentifikasi nilai-nilai ukhuwah dan amalia dalam masyarakat.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan harapan bahwa peran ulama tidak hanya sebagai pemimpin agama, tetapi juga sebagai inspirator dan pelopor dalam membangun moral serta nilai-nilai positif dalam masyarakat.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img