Senin (18/12), Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,MA, Penjabat Bupati Kolaka Utara, turut menghadiri kegiatan Re-Akreditasi di UPTD Puskesmas Lapai, Kecamatan Ngapa. Acara ini dihadiri oleh tim surveior re-akreditasi dari Laskesi.
Kepala UPTD Puskesmas Lapai, Lisna SKM,MKM, menyatakan kebanggaannya atas akreditasi yang menjadi pengakuan terhadap mutu pelayanan, menjelaskan bahwa re-akreditasi bukan hanya mendapatkan sertifikat Madya, tetapi juga meningkatkan mutu pelayanan hingga menjadi Puskesmas terakreditasi.
“Kami banggakan akreditasi Puskesmas sebagai pengakuan terhadap mutu pelayanan. Re-akreditasi bukan hanya mendapat sertifikat Madya, tetapi juga meningkatkan mutu pelayanan hingga menjadi Puskesmas terakreditasi.”Ujarnya.
Irham,S.KM,M Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara, menyebut bahwa dari 16 Puskesmas, 10 di antaranya mengikuti re-akreditasi. Proses ini dianggap sangat penting karena tanpa akreditasi, dana BOK tidak bisa lagi diperoleh.
“Proses re-akreditasi sangat penting karena tanpa akreditasi, dana BOK tidak bisa lagi diperoleh. Dari 16 Puskesmas, 10 di antaranya mengikuti re-akreditasi untuk memastikan layanan kesehatan yang memenuhi standar mutu.”Jelasnya.
Penjabat Bupati menyatakan harapannya bahwa Puskesmas bisa menjadi pusat data yang mampu menampilkan semua informasi. Proses evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk memastikan Puskesmas memenuhi standar pelayanan pemerintah. Ini meliputi aspek kepemimpinan, layanan klinik, layanan kesehatan masyarakat, laboratorium kesehatan, transfusi darah, tempat praktik Mandiri dokter, dan tempat praktek Mandiri dokter gigi sesuai Permenkes 34 Tahun 2022 tentang akreditasi Puskesmas.
“Proses evaluasi bertujuan untuk menilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah. Semoga penilaian akreditasi ini memberikan kontribusi bagi masyarakat sehat melalui pelayanan bermutu.”Katanya.
Penjabat Bupati juga menekankan langkah strategis pemerintah dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan di Puskesmas. “Penilaian akreditasi ini tidak hanya memberikan hasil terbaik, tetapi juga memberikan manfaat bagi seluruh pihak demi mewujudkan masyarakat sehat melalui pelayanan bermutu,” harapnya.
Dengan semangat untuk meningkatkan standar pelayanan kesehatan yang berkualitas, para pemimpin dan tenaga medis di Kolaka Utara berkomitmen untuk terus menjaga mutu layanan di Puskesmas. Semoga upaya mereka memberikan dampak positif dalam kepuasan masyarakat terhadap layanan yang berkesinambungan dan berkualitas.