25.2 C
Kendari
Kamis, 13 Juni 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Lakukan Kunjungan di Cacao Center

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, mengunjungi Cacao Center di Dusun Balosi, Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua pada Rabu (13/12) untuk melihat proses pembuatan coklat bumi Patowonua.

Dalam kunjungannya, Dr. Sukanto Toding didampingi oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Utara, Ismail Mustafa. Mereka menemui kendala dalam operasional mesin-mesin produksi kakao yang skala besarnya terkendala oleh kurangnya pasokan listrik yang memadai.

Selain melihat mesin produksi, mereka juga menyaksikan proses pembuatan coklat khas Kolaka Utara, yakni cikola. Produk cikola menggunakan kakao khas daerah tersebut dengan berbagai varian, dari dark coklat hingga milk coklat dengan kandungan kakao mencapai 70 persen dan 60 persen.

“Kunjungan ini menggambarkan potensi besar dari kakao dan coklat khas daerah ini. Namun, infrastruktur yang masih menjadi tantangan, terutama dalam hal pasokan listrik, harus segera diselesaikan agar industri ini dapat berkembang lebih optimal,” ujar Dr. Sukanto Toding.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan menyatakan bahwa mesin skala besar diharapkan dapat beroperasi pada awal tahun 2024 setelah instalasi listrik selesai dipasang. “InsyaAllah, pada awal tahun nanti sudah dapat digunakan,” katanya.

Produksi kakao sendiri memiliki manfaat besar, seperti menciptakan lapangan kerja lokal, meningkatkan pendapatan petani, serta memungkinkan pengembangan produk coklat yang lebih berkualitas dan beragam. Ini juga dapat memperkuat kedaulatan pangan daerah dan meningkatkan nilai tambah industri lokal.

Kunjungan ini menjadi langkah  untuk mendukung pengembangan industri kakao dan coklat di Kolaka Utara. diharapkan produksi kakao lokal dapat berkembang pesat, memberikan manfaat ekonomi yang luas, serta memperkenalkan kekayaan rasa coklat khas Kolaka Utara.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Pantau Harga Pangan di Pasar Lambai Jelang Idul Adha

Menjelang perayaan Idul Adha, Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, melakukan inspeksi langsung ke Pasar...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img