25.1 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Membawa Materi Seminar Pada Mahasiswa Intens Muhammadiyah

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menghadiri kegiatan kemahasiswaan yang digelar oleh Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains (Intens) Muhammadiyah Kolaka Utara pada Sabtu (3/2) di salah satu hotel Kolaka Utara.

Dalam acara tersebut, hadir pula para petinggi kampus Muhammadiyah, antara lain Wakil Rektor I, Dr. Ridwan Y. Deluma, S.Pd., M.Pd., Wakil Rektor II, Hasbi Latif, S.Pd., M.Si, dan Dosen Teknik Komputer Intens, Muhammad Atnang, S. Kom., M. Kom., beserta dosen dan mahasiswa jurusan teknik.

Dr. Sukanto Toding membawakan materi tentang “Menakar Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Era Digitalisasi.” Dalam paparannya, ia menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di era digitalisasi, sejalan dengan arahan pemerintah pusat mengenai penerapan digitalisasi dalam berbagai aspek pemerintahan, termasuk sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

“Dasar pelaksanaan yang di anut adalah good governance atau tata kelola yang baik, yang mencakup proses untuk menentukan keputusan dengan unsur akuntabilitas, transparansi, musyawarah untuk mufakat, berkeadilan, efektif, dan sesuai dengan aturan hukum,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dr. Sukanto Toding menjelaskan bahwa inovasi pelayanan publik secara digital merupakan respons terhadap tuntutan zaman dan ekspektasi masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang cepat, murah, merata, proporsional, efektif, dan efisien.

Pengambilan keputusan yang didasarkan pada big data juga menjadi sorotan dalam paparannya. Ia menekankan pentingnya pengelolaan pengetahuan (knowledge management) dan sistem informasi yang terintegrasi dengan baik, mulai dari akuisisi data, penyimpanan, keamanan, pengambilan, hingga pemanfaatan data.

“Syarat-syarat pemerintahan berbasis digital melibatkan manajemen pengetahuan dan pengaturan sistem informasi yang terintegrasi dengan baik, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang lebih efektif dan efisien,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa  turut berpartisipasi aktif dengan bertanya dan berdiskusi mengenai implementasi konsep-konsep yang telah disampaikan oleh Penjabat Bupati Kolaka Utara.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Memastikan Kualitas Pelayanan Publik Penjabat Bupati Gelar Sidak

Selasa (16/4), Pemda Kolaka Utara menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dipimpin  Penjabat Bupati, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA....
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img