30.5 C
Kendari
Jumat, 1 Maret 2024

Pj Bupati Kolaka Utara Dukung Desa Mandiri Benih Kakao demi Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Sabtu (4/11/?) Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA,  ini mengunjungi Desa Purau di Kecamatan Ngapa. Tujuan kunjungannya adalah untuk mendukung secara langsung Desa Mandiri Benih dalam memasok benih kakao yang luntuk wilayah Kolaka Utara.

Desa Mandiri Benih ini telah menjalankan program sejak tahun 2017, berfokus pada budidaya benih kakao. Namun, mereka menghadapi kendala dalam memenuhi persyaratan penggunaan benih klon 45 yang bersertifikasi. Salah satu perwakilan dari Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Desa Mandiri Benih mengungkapkan, “Kami terkendala pada benih, karena kita diwajibkan menggunakan benih klon 45, sementara untuk mendapatkan benih klon 45 itu memerlukan biaya yang cukup besar.”Katanya.

Dalam kunjungannya ke Desa Purau, Penjabat Bupati Kolaka Utara didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kolaka Utara, Agusdin, S.Kom, serta Asisten Satu, Muchlis Bachtiar, dan Asisten II Sekretaris Daerah, H. Syamsuddin dan para kepala OPD lainnya, Mereka berkomitmen untuk bersama-sama mengatasi kendala yang dihadapi oleh LEM dalam hal pemenuhan benih klon 45 yang sesuai standar dan ketentuan yang berlaku.

Dr. Ir. Sukanto Toding juga menyampaikan pesannya tentang pentingnya persiapan yang komprehensif dalam pengembangan kakao di Kolaka Utara. Ini melibatkan segmen dari hulu hingga hilir, serta penyiapan generasi muda untuk aktif terlibat dalam sektor pertanian. Upaya ini menjadi landasan untuk menjaga kelangsungan produksi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Patowanua.

“Kami sangat mendukung upaya Desa Mandiri Benih Kakao dalam memasok benih yang berkualitas untuk Kolaka Utara. Kami berkomitmen untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi oleh Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM),” Katanya.

Kunjungan ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam mendukung upaya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam sektor pertanian yang berperan besar dalam perekonomian daerah. Desa Mandiri Benih Kakao di Desa Purau menjadi contoh nyata tentang bagaimana kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat dapat menghasilkan hasil yang positif dan berkelanjutan.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Jelang Ramadhan, Penjabat Bupati Kolaka Utara Bersama Forkopimda Gelar Operasi Pasar

Rabu (28/2), Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, MSP, MA, bersama Forkopimda dan Kepala OPD, menggelar operasi pasar di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img