22.7 C
Kendari
Rabu, 10 Juli 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Resmikan Jalan yang Dibangun CSM

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Rabu (19/7) Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, menghadiri peresmian jalan rabat beton sepanjang 2,8 kilometer di Dusun Potoa, Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua. Acara ini menandai selesainya proyek pengembangan masyarakat yang digagas oleh perusahaan PT.Citra Silika Mallawa (CSM).

Jalan rabat beton yang diresmikan memiliki lebar 5 meter dan merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat oleh CSM. Nur Khusain, SH, selaku Humas CSM, meresmikan akses jalan ini. Pembangunan dimulai awal 2021 dengan total anggaran mencapai kurang lebih 7 miliar rupiah, meliputi biaya operasional bahan bakar sebesar 2,3 miliar, bronjong 1,8 miliar, biaya rabat jalan 2,5 miliar, serta pemindahan dan pemasangan listrik sekitar 1 miliar.

“Peresmian jalan ini diharapkan bisa bermanfaat, khususnya bagi masyarakat Sulaho dan umumnya untuk Kolaka Utara,” ujar Nur Khusain. Sebelumnya, akses ke desa sangat sulit, namun dengan adanya jalan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup warga setempat.

Kepala Desa Sulaho, Nasir SE, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada CSM atas bantuan yang diberikan. “Sebelumnya, satu-satunya akses jalan adalah melalui perahu selama berpuluh tahun. Kini, dengan jalan rabat beton yang memadai, kami tidak perlu khawatir lagi,” katanya. Nasir juga menyebutkan bantuan lain dari CSM, termasuk pembangunan gedung dan listrik, serta bantuan lainnya telah diberikan.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, dalam sambutannya mengapresiasi CSM atas kontribusinya yang signifikan. “Peresmian ini memberikan penghargaan dan apresiasi kepada segenap direksi dan karyawan CSM yang telah menunjukkan aksi pengabdian. Manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya di Desa Sulaho,” ujar Sukanto. Ia juga berharap kerjasama yang lebih konstruktif di masa depan untuk membantu pemerintah mengatasi masalah seperti stunting dan kemiskinan.

“Perusahaan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, seperti CSM, memberikan kontribusi penting melalui instrumen pajak dan program spesifik yang berdampak langsung pada masyarakat. Kami berharap kerjasama yang lebih erat di masa depan dan mengapresiasi upaya CSM dalam membantu pemerintah mengatasi berbagai masalah sosial,” tambah Sukanto. Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan industri dan investasi dalam membantu mengatasi stunting dan kemiskinan di Kolaka Utara.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat dan warga Desa Sulaho yang antusias menyambut selesainya proyek yang telah lama dinantikan. Dengan peresmian jalan ini, diharapkan mobilitas warga menjadi lebih mudah dan perekonomian desa dapat meningkat secara signifikan.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung inisiatif-inisiatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya akses jalan yang memadai, warga Sulaho kini lebih mudah dalam mengakses layanan kesehatan, pendidikan, dan pasar. Proyek ini diharapkan menjadi contoh bagi kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam membangun infrastruktur yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat luas.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Launching Implementasi Layanan Sertifikat Elektronik oleh 14 Kantor Pertanahan Kota Kabupaten se Sultra

Selasa (9/7)  Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi meluncurkan implementasi layanan sertifikat tanah elektronik...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img