28.7 C
Kendari
Jumat, 24 Mei 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Sidak Pasar Lacaria untuk Cegah Inflasi

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Jumat (10/11), Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir Sukanto Toding, MSP, MA, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Lacaria untuk memantau harga dan ketersediaan pangan. Dalam sidak tersebut, Penjabat Bupati fokus mengecek harga beras, bawang, tomat, cabe, dan ikan, yang saat ini relatif stabil.

“Hari ini, bersama Tim Pengendali Inflasi Kabupaten Kolaka Utara dan Forkopimda, kami melakukan sidak di Pasar Lacaria Lasusua. Kami memeriksa kebutuhan yang berpengaruh pada inflasi, seperti beras, telur, minyak, dan ikan,” ujarnya.

Penjabat Bupati menegaskan bahwa upaya dilakukan untuk mengendalikan inflasi, termasuk memastikan pasokan melalui pengecekan langsung ke pedagang. Hasilnya, ketersediaan pasokan di Pasar Lacaria Lasusua dalam sebulan terakhir relatif stabil.

“Strategi kami dalam menjaga inflasi, yaitu jaminan distribusi agar pedagang mendapatkan harga yang pantas, dan strategi subtitusi barang utama seperti beras, telur, dan bawang dengan membangun kawasan sendiri,” tambahnya.

Penjabat Bupati menjelaskan bahwa telah disiapkan kawasan irigasi di kecamatan Ranteangin dan Pakue Utara untuk beras, serta sentra produksi telur di kecamatan Tolala, Kodeoha, Lasusua, dan Ranteangin. Selain itu, kawasan produksi bawang dan lombok ada di Lasusua, Batu Putih, dan Lambai.

“Kami akan mengoptimalkan hasil panen agar dapat mencukupi kebutuhan lokal, tidak hanya bergantung pada pasokan dari luar. Ini sebagai langkah strategis untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan,” tutupnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Menteri AHY Luncurkan Mobil Layanan Elektronik untuk Tingkatkan Akses Pelayanan Pertanahan

Selasa (21/05) lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan Mobil Layanan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img