31.7 C
Kendari
Jumat, 19 April 2024

Penjabat Bupati Kolaka Utara Tanam Bawang untuk Dukung Kemandirian Pangan

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir Sukanto Toding MSP,.MA, melakukan penanaman bawang di Desa Tinuna, Kecamatan Purehu, Minggu (10/12) sebagai langkah untuk meningkatkan kemandirian pangan.


Camat Purehu, Darlis Kalimu, mengungkapkan bahwa tanaman bawang menjadi tantangan baru bagi masyarakat setempat yang belum memiliki keahlian teknis dalam penanaman. Dalam upaya mengatasi hal ini, mereka meminta dukungan tenaga teknis yang dapat memberikan pengawasan serta perlakuan khusus pada tanaman bawang. “Penanaman bawang memerlukan perhatian teknis dan pupuk yang langka di Purehu, hal ini perlu dukungan teknis yang lebih intensif.” Ujar Camat Purehu.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Nusba Nuhung, menyoroti pentingnya bantuan pemerintah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk memastikan bantuan tidak hanya sampai di daerah tersebut, tetapi juga tersalurkan secara tepat guna. Menurutnya, penanaman bawang dari 500 kilogram bisa menghasilkan hingga 5 ton dalam waktu 50-70 hari dengan optimal.”Tanaman Bawang merah ini dari 500 kilogram bisa mencapai 5 ton, dan menghasilkan sampai ratusan juta,” Katanya.

Penjabat Bupati, Kolaka Utara Dr.Ir.Sukanto Toding,MSP,.MA,. menegaskan bahwa penanaman bawang adalah salah satu langkah strategis dalam memastikan ketersediaan bahan pangan lokal, terutama mengingat peran bawang merah yang signifikan dalam mengendalikan inflasi. Meski demikian, ia juga menanggapi keluhan masyarakat terkait kesulitan mendapatkan pupuk subsidi, berjanji untuk mengatasi permasalahan tersebut.


“Kami dari TPID Kolaka Utara saat ini berada di Desa Tinuna, berada di ketinggian sekitar 1300 meter di atas permukaan laut (MDPL). Kami mendorong gerakan penanaman bawang sebagai upaya membangun kemandirian pangan. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi dorongan bagi peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.


Dalam upaya mendukung kemandirian pangan, penanaman bawang menjadi langkah awal yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat Kolaka Utara, meskipun dihadapkan pada sejumlah kendala yang perlu segera diselesaikan.


- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Kolaka Utara Raih Dua Penghargaan  dalam Musrembang Provinsi Sulawesi Tenggara

Kamis (18/4) di Kota Kendari digelar pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat provinsi Sulawesi Tenggara. Acara  tersebut  untuk merumuskan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img