28.2 C
Kendari
Rabu, 24 April 2024

Pj Bupati Sukanto Toding: Rancangan APBD Kolaka Utara Tahun 2024 di Paripurna DPRD

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Dalam Rapat Paripurna DPRD Kolaka Utara yang digelar Selasa (21/11/2023) Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP,MA Penjabat Bupati Kolaka Utara, memberikan penjelasan terperinci terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kolaka Utara untuk tahun 2024.

Dr. Ir. Sukanto Toding menjelaskan berbagai poin krusial dalam APBD 2024, yang meliputi alokasi anggaran Pilkada, struktur pendapatan, serta struktur belanja APBD tahun depan. Salah satu poin utama yang disoroti adalah peningkatan alokasi anggaran untuk Pilkada 2024 menjadi Rp. 56,023 miliar, mengalami lonjakan signifikan dari alokasi sebelumnya yang hanya mencap#ai 40% dari total anggaran pilkada.

“Struktur pendapatan dan belanja APBD 2024. Pendapatan Asli Daerah (PAD) diproyeksikan menurun sebesar 4% menjadi Rp. 43,9 miliar akibat perubahan kewenangan pungutan retribusi di pelabuhan. Sementara itu, Pendapatan Transfer Pusat naik 9% menjadi Rp. 905,5 miliar, disebabkan oleh peningkatan alokasi dana alokasi umum untuk PNS dan P3K. Serta kenaikan Pendapatan Lainnya yang Sah sebesar 13% menjadi Rp. 15,8 miliar, karena rencana bantuan keuangan dari pemerintah provinsi,”Jelasnya.

Dalam struktur belanja, Belanja Operasional naik 12% menjadi Rp. 722,5 miliar, termasuk alokasi anggaran hibah untuk pelaksanaan PILKADA 2024 dan program penanggulangan masalah sosial seperti inflasi, kemiskinan, dan stunting. Belanja Modal juga mengalami kenaikan 9% menjadi Rp. 173,5 miliar, yang akan digunakan untuk proyek pembangunan infrastruktur seperti pengaspalan jalan, pembangunan kantor, dan prasarana lainnya.

Ranperda APBD 2024 yang disetujui akan dievaluasi oleh Gubernur Sulawesi Tenggara sebelum menjadi Keputusan Pimpinan DPRD dan selanjutnya menjadi Peraturan Daerah.

PJ Bupati Kolaka Utara Periode 2023-2024 Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP., MA Saat Merangkan Rancangan APBD Tahun 2024 di Paripurna DPRD Kolaka Utara

Pandangan Fraksi-fraksi DPRD Kolaka Utara Terhadap APBD 2024

Fraksi Karya Indonesia Raya (FKIR) Menyampaikan apresiasi atas usaha keras Pemerintah Daerah dalam menyusun APBD 2024, menekankan netralitas ASN dalam Pemilu 2024, dan meminta fokus pada kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

Partai Bulan Bintang: Berharap APBD 2024 sesuai dengan target yang ditetapkan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta menyoroti pentingnya netralitas dalam Pemilu.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB): Memberikan saran terkait berbagai sektor pemerintahan, mendukung pembentukan TPTGR, dan mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan.

Partai Demokrat: Menekankan profesionalisme dalam mutasi dan promosi jabatan, transparansi alokasi dana, serta pembangunan yang lebih merata. Mereka juga menyoroti pentingnya netralitas dalam Pemilu.

Fraksi PDI-Perjuangan: Mendorong peningkatan pendapatan daerah, mensukseskan Pemilu 2024, serta menerima APBD 2024 dengan asumsi pendapatan yang menurun namun adanya kenaikan dalam aspek tertentu.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP): Menyoroti percepatan realisasi anggaran dengan mengedepankan kedisiplinan dan profesionalisme. Mereka juga menyoroti beberapa aspek seperti transparansi dana hibah, koordinasi OPD, serta program yang tidak dibahas dalam pembahasan Komisi DPRD.

Pandangan dari fraksi-fraksi tersebut mencerminkan perhatian terhadap berbagai aspek pembangunan dan tata kelola pemerintahan di Kolaka Utara dalam APBD Tahun 2024. Sesuai prosedur, pandangan dari fraksi-fraksi ini akan menjadi pertimbangan dalam penetapan APBD Tahun 2024 Kabupaten Kolaka Utara.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemuda Gencar Dilakukan Kesbangpol

Selasa (23/4), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka Utara telah sukses menggelar acara sosialisasi pendidikan politik di...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img