29.5 C
Kendari
Jumat, 19 April 2024

Penyerahan Sertifikat Tanah di Kolaka Utara Menjadi Langkah untuk Kesejahteraan Masyarakat

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Penyerahan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dan program redistribusi tanah tahun 2023 di Kolaka Utara merupakan hal penting bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Penyerahan PTSL di telat pada Selasa (12/12) bertempat di kantor Bupati Kolaka Utara.

Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP., Ma., Penjabat Bupati Kolaka Utara, dalam pernyataannya menggarisbawahi, “Kegiatan ini adalah momen penting untuk menegaskan komitmen pemerintah dalam mensukseskan Program Strategis Nasional (PSN).”Katanya.

Dikatakan bahwa pemerintah Kabupaten Kolaka Utara telah menuntaskan PTSL untuk 3500 bidang tanah serta program redistribusi tanah untuk 1000 bidang, sebuah capaian yang menandakan kerjasama yang erat antara pemerintah daerah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, serta Kantor Pertanahan Kolaka Utara.

“Sertifikasi tanah bukan hanya memberikan kepastian hukum, tetapi juga melindungi dari praktik mafia tanah dan membuka akses ke lembaga keuangan formal,” ujar Dr. Ir. Sukanto Toding, menyoroti manfaat yang lebih luas dari program ini. “Sertifikat tanah menjadi kunci bagi masyarakat untuk mengembangkan sektor perkebunan, perikanan, pertanian, UMKM, dan perumahan.”Ujar Penjabat Bupati.

Kepala Pertanahan Kabupaten Kolaka Utara, Fajar menyatakan bahwa target tahun 2023 telah tercapai dengan penyelesaian 3500 bidang PTSL dan 1000 bidang redistribusi tanah. “Ini bukan hanya tentang kepastian hukum, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi melalui akses permodalan yang lebih baik,” katanya.

Melihat ke depan, pemerintah telah menetapkan target untuk tahun 2024. “Kami menargetkan PTSL sebanyak 1000 bidang dan redistribusi tanah sebanyak 300 bidang untuk tahun depan. Kami mengajak semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, swasta, maupun media massa, untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kesadaran akan manfaat dari sertifikat tanah ini,” Tutupnya.

Kolaborasi lintas sektor dari pemerintah, masyarakat, swasta, dan media massa diharapkan dapat mempercepat pencapaian target PTSL dan redistribusi tanah tahun mendatang. Proses koordinasi yang solid diharapkan dapat menjadi kunci sukses dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kepastian hukum atas tanah mereka.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Kolaka Utara Raih Dua Penghargaan  dalam Musrembang Provinsi Sulawesi Tenggara

Kamis (18/4) di Kota Kendari digelar pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat provinsi Sulawesi Tenggara. Acara  tersebut  untuk merumuskan...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img