25 C
Kendari
Selasa, 16 April 2024

Percepat Penurunan Stunting, Pemda Gelar Sosialisasi Perbup Nomer 6 Tahun 2022

Penting Dibaca
Kominfo
Kominfohttps://kolutkab.go.id/
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kolaka Utara

Untuk melakukan percepatan penurunan Stunting Pemerintahan Daerah Kabupaten Kolaka Utara menggelar sosialisasi Peraturan Bupati Nomer 6 Tahun 2022, tentang percepatan Stunting yang digelar di aula salah satu Hotel di Lasusua Kolaka Utara,pada Kamis (17/11/2022). 

Berdasarkan Peraturan Presiden No.72 tahun 2021 tentang percepatan Penurunan Stunting dalam rangka melaksanakan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting, kabupaten diwajibkan menerbitkan Peraturan Kepala Daerah tentang Percepatan Penurunan Stunting untuk memperkuat landasan hukum dan kebijakan percepatan penurunan stunting. 

Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomer 6 tahun 2022 tentang Percepatan Penurunan Stunting Menuju Masyarakat Madani di Kabupaten Kolaka Utara. Peraturan tersebut digunakan sebagai rujukan bagi OPD, Kecamatan, Desa atau Kelurahan dan Para Pelaku Percepatan Penurunan Stunting (PPS) dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung upaya pencegahan dan penurunan stunting. 

Kondisi stunting di Kolaka Utara kata Pejabat Bupati Panriringi bahwa stunting di Bumi Patowanua masih lebih baik dibanding dengan  Kabupaten atau Kota lain yang ada di Kolaka Utara di Jazirah Bumi Anoa, Penderita penyakit Stunting lebih sedikit dibanding dengan Kabupaten lain.

“Melalui regulasi Peraturan Bupati terkait stunting,OPD terkait, Desa, Kecamatan dan puskesmas,  setiap saat berkolaborasi dan memberi informasi apa yang ditemukan di tingkat bawah, kemudian penyelesaian masalah. Untuk antisipasi OPD teknis punya tugas berbeda, yakBKKBN pencegahan, kesehatan mengobati, menentukan data dari capil, bahan dasar untuk informasi pusat, “Katanya.

Desa Locus stunting kata dia ada 23 desa dari 127 desa yang ada di Kolaka Utara menjadi perhatian khusus, dengan adanya peraturan Bupati dapat membantu pemda hinga desa untuk percepatan penurunan stunting, dengan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi Masyarakat agar mengetahui penyebab dan penyembuhan dari Stunting.

“Dengan kegiatan ini semoga dapat mempercepat penanganan  stunting dengan pemenuhan gizi dan kesehatan anak. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya., “Tandasnya.

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Komentar

- Advertisement -spot_img
Berita Terbaru

Penjabat Bupati Kolaka Utara Menjadi Khatib Shalat Iedul Fitri di Mesjid Agung

Rabu (10/4) Dengan gemanya takbir yang menggema, Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Suara takbir...
- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img